Penerapan Teknik Role Playing Sebagai Upaya Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII-I Di SMP Negeri 13 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Teknik Role Playing Sebagai Upaya Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII-I Di SMP Negeri 13 Tarakan

Penerapan Teknik Role Playing Sebagai Upaya Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII-I Di SMP Negeri 13 Tarakan

Pengarang : Yuni Andayani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh teknik role playing dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII-I di SMP Negeri 13 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan pre-esperiment dan desain one group pretest-posttest. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan sampel berjumlah 30 orang siswa kelas VIII-I. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala likert tentang komunikasi interpersonal. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa yang rendah ini dengan menerapkan bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial hasil analisis dengan uji data paired sample t-test ditemukan bahwa nilai sig. 0,000 < nilai 0,05 yang artinya Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan penerapan teknik role playing dengan bimbingan kelompok dalam meningkatkan komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap komunikasi interpersonal siswa kelas VIII-I di SMP Negeri 13 Tarakan.

Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Teknik Role Playing, Bimbingan Kelompok

This study aimed to investigate the impact of role-playing techniques on enhancing interpersonal communication among class VIM-I students at SMP Negeri 13 Tarakan. This study employed a quantitative approach and adopted a pre-ex1VimentaI design with a one-group pre-test and post-test design. Purposive sampling was used to select a sample of 30 students from class VIN-I. Data collection utilized a Likert scale to assess interpersonal communication. The intervention to address students' low interpersonal communication skills involved group guidance utilizing role-playing techniques. Data analysis comprised descriptive and inferential statistics. The paired sample t-test revealed a significant finding with a sig. value of 0.000 < 0.05, indicating the acceptance of the alternative hypothesis (Ha). Therefore, it can be concluded that the application of role-playing techniques through group guidance significantly improves interpersonal communication among class Vlll-l students at SMP Negeri 13 Tarakan. Keywords: Interpersonal Communication, Role-Playing Techniques, Group Guidance

Detail Informasi