
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Materi Teks Eksplanasi Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Tarakan
Pengarang : Jumiati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Permasalahan yang dijumpai di SMP Muhammadiyah 1 Tarakan yaitu penggunaan buku paket pada saat pembelajaran yang memuat banyak materi ketimbang tugas latihan membuat peserta didik cepat bosan dan kurang minat pada materi teks eksplanasi, sehingga membuat peserta didik sangat kesulitan dalam penulisan teks eksplanasi karena mengandung banyak kata ilmiah yang kurang dipahami oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis contextual teaching and learning pada materi teks eksplanasi yang layak dilihat dari hasil validasi ahli materi, ahli bahasa, ahli media dan ahli praktisi serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi di peroleh persentase sebesar 92,5% yang berada pada kategori sangat layak, ahli bahasa sebesar 95% dengan kategori sangat layak, ahli media sebesar 87,5% dengan kategori sangat layak, ahli praktisi sebesar 78,5% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD berbasis CTL pada materi teks eksplanasi sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil angket respon peserta didik uji coba terbatas mencapai persentase sebesar 82,8% dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil respon uji coba penuh sebesar 91,47% yang masuk kategori sangat baik.
Kata Kunci: LKPD, Contextual Teaching and Learning, Teks Eksplanasi, Kelas VIII
the problem encountered at SMP Muhammadiyah 1 Tarakan is the use of texbooks during lessons that contain a lot of material, leading to students becoming quickly boren and less interested in explanatory teks material. Consequently, students need help writing explanatory texts due to the abundance of scientific terms they need help understanding. This study aims to produce a studens worksheet produc based on contextual teaching and learning for explanatory teks material, deemed appropriate based on validation results from subject matter exprest, language experts, media expert,and practitioners, and to determine students responses to the developed product. This research adopts a research and development (R&D) approach. The development model employed in this study is the ADDIE model, consisting of 5 stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Validation results by subject matter experts yielded 92,5%, categorized as highly suitable, language experts rated it at 95%, also categorized as highly suitable, media experts at 87,5% categorized as highly suitable, and practitioners at 78.5%, classified as highly appropriate. The validatin resuls indicate that CTL based students worksheets on explanatory text material are ideal for learning. The questionnaire responses from the limited trial reached 82,8%, categorized as excellent, while the responses from the whole trial reached 91,47%, falling into the excellent categoty. keywords: Students Worksheet, Contextual Learning, Explanatory Text