
Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Di Kelas IV SDN 047 Tarakan
Pengarang : Rezky Syahrisofia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan adalah masalah dalam lemahnya proses pembelajaran. Kegiatan pembelajaran di kelas pada umumnya tidak menggunakan media atau alat bantu untuk memudahkan dalam proses pembelajaran agar siswa mudah memahami materi yang diberikan oleh guru. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukanlah penelitian pengembangan media pembelajaran pop-up book yang dapat membantu siswa lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran yang diberikan oleh guru. Media pembelajaran pop-up book yang dikembangkan akan diuji kelayakannya oleh para ahli dan akan dibagikan angket kepada siswa untuk mengetahui seberapa besar ketertarikan siswa terhadap media pop-up book. Dalam pengembangan media pop-up book digunakan metode R&D yang dimodifikasi dari Borg and Gall dan terdiri dari 10 tahap, yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) mengumpulkan informasi, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk kelompok terbatas, 7) revisi produk, 8) uji coba produk kelompok luas, 9) revisi produk akhir, 10) pembuatan media massal. Adapun hasil validasi dari para ahli yaitu validasi ahli media 92% kategori sangat layak, validasi ahli materi 90% kategori sangat layak, validasi ahli bahasa 72,5% kategori layak, dan validasi ahli praktisi 100% kategori sangat layak. Selain itu, hasil dari angket ketertarikan siswa pada uji coba kelompok terbatas yaitu 100% kategori sangat layak dan uji coba kelompok luas yaitu 100% kategori sangat layak. Sehingga media pembelajaran pop-up book yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Media Pembelajaran, Pop-Up Book
One of the problems faced by the world of education is the problem in the weak of learning process. Learning activities in the classroom generally do not use media or tools to facilitate the learning process thus students easily understand the material provided by the teacher. Based on these problems, research was conducted on the development of pop-up book learning media that can help students more easily to understand the learning material provided by the teacher. The pop-up book learning media developed will be tested for feasibility by experts and will be distributed questionnaires to students to find out how much the student interest have in pop-up book media. In developing the pop-up book media, a modified R&D method from Borg and Gall is used which consists of 10 stages, namely: 1) potential and problems, 2) collecting information, 3) product design, 4) design validation, 5) design revision, 6) limited group product trials, 7) product revision, 8) broad group product trials, 9) final product revision, 10) mass media creation. The validations results from experts are media expert validation 92% of the very feasible category, material expert validation 90% of the very feasible category, linguist validation 72,5% of the feasible category, and practitioner expert validation 100% of the very feasible category. In addition, the results of questionnaire of student interest in limited group trials ware 100% very feasible categories and broad group trials which ware 100% very feasible categories. Therefore, it can be concluded the pop-up book learning media developed was appropriate to be used in the learning process. Keywords: Research and Development, Learning Media, Pop-Up Book