
Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas II B SDN 016 Tarakan
Pengarang : Nisvahkul Laila Wulandari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Dalam suatu proses pembelajaran tentunya akan ditemui siswa yang mengalamikesulitan dalam belajar. adapun kesulitan belajar yang sering ditemukan pada kelasrendah yaitu kesulitan belajar membaca, oleh karena itu, diperlukannya peran gurudalam mengatasi kesulitan belajar membaca tersebut. berkaitan dengan hal tersebutpenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas II B-B di SDN 016 Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif dengan lokasi penelitian yaitu di SDN 01 Tarakan. Informan pada penelitian ini adalah guru kelasa dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumen. Proses analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SDN 016 Tarakan telah menjalankan perannya (1) sebagai pembimbing dalam mengatasi kesulitan membaca siswa yang belum mampu menyambung kata dengan baik yaitu dengan membimbing siswa tersebut membaca di awal kegiatan pembelajaran dan pada saat jam pulang sekolah. Selainitu, guru juga berkomunikasi dengan orang tua siswa dalam mengatasi permasalahan tersebut seperti menyarankan orang tua untuk memberikan les membaca kepada anaknya. Sedangkan peran guru sebagai (2) evaluator adalah peran guru sebagai evaluator adalah melakukan evaluasi terhadap hasil belajar siswa yang mengalami kesulitan membaca dengan memberikan lebih banyak pertanyaan kepada siswa dan memberikan soal yang berbeda dengan siswa yang sudah bisa membaca. Kemudian guru juga memberikan tindak lanjut kepada siswa yang memiliki nilai rendah untuk dibimbing dan diberikan bantuan belajar yang dilakukan pada saat jam pulang sekolah.
Kata Kunci: Peran Guru Sebagai Pembimbing dan Evaluator
Students who struggle with learning are frequently met during the learning process.Reading difficulties are among the typical learning challenges seen in lower grades. Therefore, the role of teachers is needed in overcoming these reading difficulties. This study ainmed to determine the role of teachers in overcoming reading difficulties in second-grade students at SDN 016 Tarakan. This research used a descriptive qualitative method with the research location at SDN 016 Tarakan. The informants in this study were classroom teachers and students. Data collection techniques used included interviews, observations, and document studies. The data analysis process included data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results show that teachers at SDN 016 Tarakan have fulfilled their first-hand responsibilities by helping students who struggle with word connection to read by encouraging them to do so before class and after school. In order to address these concerns, teachers also speak with the parents of their students. For example, they might advise parents to give their children reading lessons. Meanwhile, the role of teachers as evaluators involves evaluating the learning outcomes of students experiencing reading difficulties by asking more questions to students and providing different questions to students who can already read. Furthermore, teachers provide follow-up guidance and learning assistance to students with low Scores, which are conducted after school hours. Keywords: Role Of Teachers, Guides and Evaluators, SDN 016 Tarakan