Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kabupaten Bulungan (Studi Kasus : Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bulungan) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kabupaten Bulungan (Studi Kasus : Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bulungan)

Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kabupaten Bulungan (Studi Kasus : Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bulungan)

Pengarang : Sarinah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bulungan yang diukur berdasarkan kepuasan masyarakat dengan menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan analisisis Indeks Kepuasan Masyarakat dengan hasil desain dalam bentuk angka. Penelitian dilakukan di Kecamatan Tanjung Selor. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik random sampling (secara acak). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk pelayanan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bulungan adalah 2,97 dengan angka konversi sebesar 74,25. Maka kinerja kualitas pelayanan publik berada dalam kategori mutu pelayanan Baik. Hasil dari 14 indikator Indeks Kepuasan Masyarakat dengan nilai antara 0-100, adalah sebagai berikut : (1) Prosedur Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 78,25 dengan kategori Baik. (2) Persyaratan Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 81,5 dengan kategori Sangat Baik. (3) Kejelasan Petugas Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 71,5 dengan kategori Baik. (4) Kedisiplinan Petugas Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 71,5 dengan kategori Baik. (5) Tanggung Jawab Petugas Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 73,25 dengan kategori Baik. (6) Kemampuan Petugas Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 75,75 dengan kategori Baik. (7) Kecepatan Petugas Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 59,25 dengan kategori Kurang Baik. (8) Keadilan Mendapatkan Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 65,5 dengan kategori Baik. (9) Kesopanan dan Keramahan Petugas Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 75,25 dengan kategori Baik. (10) Kewajaran Biaya Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 82 dengan kategori Sangat Baik. (11) Kepastian Biaya Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 82,5 dengan kategori Sangat Baik. (12) Kepastian Jadwal Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 71,25 dengan kategori Baik. (13) Kenyamanan Lingkungan memiliki nilai IKM sebesar 79,25 dengan kategori Baik. (14) Keamanan Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 80 dengan kategori Sangat Baik.

The purpose of this research is to know the quality of service of Population and Civil Registration Agency of Bulungan Regency measured by public satisfaction by using Satisfaction Index (IKM). This research is a descriptive research type using analysis of Satisfaction Index of Society with result of design in the form of number. The research was conducted in Kecamatan Tanjung Selor. The sampling technique used is random sampling technique (randomly). Technique of data collecting is done by observation, documentation, questioner and interview. The results showed that the value of Satisfaction Index (IKM) for the service of Population and Civil Registration Regency of Bulungan is 2.97 with the conversion rate of 74.25. Then the performance of the quality of public service is in the category of good service quality. The results of 14 indicators of Satisfaction Index of public with value between 0-100, are as follows : (1) Service Procedure has IKM value equal to 78.25 with Good category. (2) Terms of Service have an IKM value of 81.5 with Very Good category. (3) Clarity of Service Officer has IKM value equal to 71,5 with Good category. (4) Discipline of Service Officer has IKM value equal to 71,5 with Good category. (5) Responsibility of Service Officer has IKM value equal to 73,25 with Good category. (6) The ability of Service Officers to have the value of IKM of 75.75 with Good category. (7) Speed of Service Officer has IKM value equal to 59,25 with Poor category. (8) Justice for Services has a IKM value of 65.5 with Good category. (9) Courtesy and Hospitality Service Officers have an IKM value of 75.25 on either category. (10) Fairness of Service Cost has IKM value of 82 with Very Good category. (11) The Certainty of Service Fee has an IKM value of 82.5 with Very Good category. (12) Certainty Service Schedule has an IKM value of 71.25 with Good category. (13) Environmental Comfort has an IKM value of 79.25 with Good category. (14) Service Security has an IKM value of 80 in the category of Very Good.

Detail Informasi