Strategi Pengembangan Industri Kecil Kerupuk Di Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Strategi Pengembangan Industri Kecil Kerupuk Di Kota Tarakan

Strategi Pengembangan Industri Kecil Kerupuk Di Kota Tarakan

Pengarang : Rizky Meinisa - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Industri kecil merupakan pembangunan ekonomi melalui sumber daya yang menggunakan alat-alat yang bersifat sederhana. Industri kecil biasanya dibangun disuatu daerah yang dekat dengan bahan mentah yang menjadi bahan baku dari industri tersebut. Salah satu sektor industri yang berkembang di kota Tarakan adalah industri kecil kerupuk. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui profil industri kecil kerupuk di kota Tarakan, mengetahui strategi pengembangan industri kecil kerupuk di kota Tarakan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 7 pengusaha kerupuk. Metode pengumpulan datanya meliputi angket atau kuesioner. Metode analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian bahwa profil industri kecil kerupuk di kota Tarakan ada 7 unit usaha. Usaha tersebut berdiri mulai tahun 2009-2014. Jenis-jenis produk yang dihasilkan industri kecil kerupuk mulai dari kerupuk bawang, kerupuk ikan bandeng, kerupuk ikan pepija, kerupuk cumi, kerupuk udang, dan kerupuk kepiting. Daerah pemasaran mulai dari lokal, sampai luar Negeri. Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan analisis matriks SWOT pada strategi pengembangan industri kecil kerupuk di Kota Tarakan terletak pada kuadran I yaitu strategi agresif, maka alternatif strategi yang paling tepat digunakan adalah memanfaatkan tenaga kerja dari wilayah sekitar untuk meningkatkan produksi dan lebih memperkenalkan lagi bahwa produk memliki keunggulan dan merupakan salah satu cemilan olahan khas kota Tarakan Saran yang diberikan adalah para pengusaha diharapkan dapat meingkatkan keterampilan tenaga kerja melalui peatihan dan lebih meningkatkan kegiatan promosi produk agar industri kerupuk dikenal masyarakat secara umum dan menjangkau pasar lebih luas sehingga dapat bersaing dengan industri sejenis. Mempertahankan ciri khas dan cita rasa produk dan meningkatkan kualitas produk dengan cara menciptakan inovasi dalam pengemasan produk, penambahan jenis produk agar memiliki daya tarik yang tinggi agar tetap mampu bersaing dengan produk lain.


Small industry are economic development through resources using simple tools. Small industry usually built on area near by raw material. One sector of the industry that develops in the city of Tarakan is a small industry of crackers. The aim of this research is to know the profile of small industry of crackers in Tarakan city, small industry development strategy of crackers in Tarakan city. Population and sample in this research are 7 crackers entrepreneurs. Methods of data collection is questionnaires. The analysis method use descriptive analysis and SWOT analysis. Based on the results of the research that the small industry profiles of crackers in the city of Tarakan there are 7 business units. The business founded on 2009-2014. Types of products produced by small cracker industry ranging from onion crackers, milkfish crackers, pepija crackers, squid crackers, shrimp crackers and crab crackers. Marketing area ranging from local, to overseas. The conclusion obtained by SWOT matrix analysis, small cracker industry development strategy in Tarakan City is in the first quadrant is aggressive strategy, then the most appropriate alternative strategy is utilize labor from the surrounding area to increase production and more introduce that the product has advantages and Is one of the typical processed snack Tarakan city. The suggestion given is that the entrepreneurs are expected to be able to improve the skill of the workforce through training and further increase the product promotion activities so that the cracker industry is known to the general public and reach the wider market so that it can compete with similar industry. Maintain product characteristics and tastes and improve product quality by creating innovations in product packing, adding product types to have a high appeal to stay competitive with other products.

Detail Informasi