
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Dengan Memanfaatkan Smart Apps Creator 3
Pengarang : Melda Bit - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Media pembelajaran adalah hal yang esensial dalam pembelajaran Matematika, oleh karena perannya dalam mengoptimalkan pencapaian tujuan pembelajaran. Media pembelajaran dapat menarik minat atau memotivasi siswa, sehingga siswa tersebut dapat lebih berpartisipasi atau terlibat dalam suatu aktivitas pembelajaran apabila dibandingkan tanpa media pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian untuk menghasilkan produk media pembelajaran, khususnya yang memanfaatkan teknologi yang dapat digunakan dengan mudah, penting untuk dilakukan. Oleh karena itu, peneliti terdorong untuk mengembangkan media pembelajaran Matematika berbasis android dengan memanfaatkan Smart Apps Creator 3. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui validitas media pembelajaran Matematika berbasis android dengan memanfaatkan Smart Apps Creator 3; dan (2) mengetahui respon siswa terhadap produk media pembelajaran Matematika berbasis android tersebut. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE: analysis (analisis), design (perancangan/desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, lembar validasi, dan angket. Validasi dilakukan oleh ahli yang memberikan penilaian bahwa media pembelajaran sangat baik, kemudian media tersebut diimplementasikan di SMP Negeri 10 Tarakan di kelas VIII-2 yang diikuti oleh 20 orang siswa. Media ini dinyatakan sangat baik oleh ahli media dan materi dan mendapat skor validitas berturut-turut 3,25 dan 3,05 (skor maksimal 4,00). Respon siswa terhadap media pembelajaran mencapai kriteria sangat positif dengan nilai rata-rata 3,48 (skor ideal 4). Sebagai produk hasil pengembangan, media pembelajaran ini dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran Matematika, khususnya pada topik bilangan bulat di SMP kelas VII, baik ketika pembelajaran di ruangan kelas saat pembelajaran Matematika maupun di luar ruangan kelas. Penting untuk disampaikan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan pada penelitian ini masih membutuhkan pengujian terhadap efektivitasnya terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci: ADDIE, Android, Bilangan Bulat, Media Pembelajaran
Learning media is essential in learning Mathematics because of its role in optimizing the achievement of learning objectives. Learning media can attract interest or motivate students to participate or be more involved in a learning activity than those without learning media. Therefore, it is essential to conduct research to produce learning media products, especially those that utilize technology that can be used easily. Therefore, researchers are encouraged to develop Android-based Mathematics learning media using Smart Apps Creator 3. This research aimed to (l) determine the validity of Android-based Mathematics learning media by utilizing Smart Apps Creator 3 and (2) find out students' responses to the Androidbased Mathematics learning media product. This type of research was research and development (R&D), with the ADDIE development model, which includes analysis, design, development, implementation, and evaluation. The data was collected through interviews, validation sheets, and questionnaires. Validation was carried out by experts who assessed that the learning media was excellent, and then the media was implemented at SMP Negeri 10 Tarakan in class VIII-2, which 20 students attended. Media and material experts declared this media very good and received validity scores of 3.25 and 3.05, respectively (maximum score of 4.00). Student responses to learning media reached very positive criteria with an average score of 3.48 (ideal score 4). As a product of development, this learning media can be used in Mathematics learning, especially on the topic of integers in class VII Middle School, both when learning in the classroom during Mathematics learning and outside the classroom. It is essential to convey that the learning media produced in this research still requires testing its effectiveness on student learning outcomes. Keywords: ADDIE, android, integers, learning media