
Peran Guru Dalam Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V-C Di SDN 013 Tarakan
Pengarang : Siti Rahmawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Peran guru sangat penting dalam kedisiplinan belajar siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam kedisiplinan belajar siswa kelas V-C di SDN 013 Tarakan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar wawancara, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan model Milles dan Huberman yaitu pengumpulan data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh peran guru dalam kedisiplinan belajar siswa telah melaksanakan perannya melalui peran guru sebagai: (1) peran guru sebagai pendidik dalam kedisiplinan belajar siswa melakukan dengan menggunakan metode yang bervariasi namun lebih terfokus pada metode penugasan untuk mengetahui kedisiplinan belajar siswa yaitu mengerjakan tugas dengan baik dan benar serta mengumpulkan tugas dengan tepat waktu. (2) peran guru sebagai motivator dalam kedisiplinan belajar siswa memberikan motivasi dan semangat kepada siswa sebelum pembelajaran di mulai serta guru juga membuat kompetisi atau persaingan kepada siswa agar siswa dapat lebih meningkatkan kedisiplinan dan minat belajar. (3) peran guru sebagai model dan teladan dalam kedisiplinan belajar siswa dengan disiplin masuk ke sekolah tepat waktu dan disiplin berpakaian sesuai dengan jadwal dan ketentuan sekolah.
Kata Kunci: Peran Guru, Kedisiplinan Belajar Siswa
Teachers play a crucial role in fostering the learning discipline of the students in school. The purpose rpose of the research was to describe the role of teachers in fostering the learning discipline of the students in class V-C of SDN 013 Tarakan. The type of research used was descriptive-qualitative. The data collection techniques used were observation sheets, interview guides, and documentation techniques. The Milles and Huberman model was used for analyzing data, which involves data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results obtained from the role of the teacher in the student learning discipline have been carried out through the role of the teacher as follows: (1). The role of the teacher as an educator. Teachers use a variety of methods. Teachers are more focused on using the assignment method to determine student learning discipline, namely finishing assignments properly and correctly and submitting assignments on time (2). The role of the teacher as a motivator. Teachers provide motivation and enthusiasm to students before learning begins, and teachers create healthy competition among students to further improve discipline and interest in learning. (3) The role of the teacher as a model. Teachers serve as examples for students by adhering to school regulations, arriving on time, and dressing appropriately. Keywords: Role of Teacher, Discipline, Student