Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Terhadap Pembelian Roti Najwa Bakery Di Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Terhadap Pembelian Roti Najwa Bakery Di Kota Tarakan

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Terhadap Pembelian Roti Najwa Bakery Di Kota Tarakan

Pengarang : Reza Adisty Ramadhan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pentingnya kepuasan pelanggan sebagai elemen kritis dalam membentuk perilaku pembelian dan loyalitas konsumen. Kepuasan konsumen terhadap produk, layanan, atau merek memiliki dampak positif yang signifikan, tidak hanya dalam merangsang kecenderungan untuk melakukan pembelian ulang, tetapi juga dalam mendorong konsumen untuk merekomendasikan produk kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen toko roti Najwa Bakery di Kota Tarakan dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputsan konsumen dalam memebeli roti di Najwa Bakery di Kota Tarakan. Metode penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sapling dengan menggunakan kriteria tertentu, dengan jumlah responden 45 . Penelitian ini dilakukan di Najwa Bakery dan pedagang yang menjual roti Naljwal Bakery di Kota Tarakan. Data yang digunakan dalam skripsi ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan regresi linear berganda. Berdasarkan analisis karakteristik responden, kesimpulan dapat diambil untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang profil konsumen yang berbelanja di Najwa Bakery di Kota Tarakan. Mayoritas responden berada dalam rentang usia 22-26 tahun, menunjukkan dominasi konsumen muda dalam segmen pasar. Tingkat pendidikan yang didominasi oleh lulusan SMA memberikan pemahaman tentang tingkat literasi konsumen dalam memilih produk roti. Analisis jumlah tanggungan keluarga menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki tanggungan keluarga dalam rentang 2-4 orang dan Kualitas Produk dan Kualitas Harga berperan signifikan dalam membentuk tingkat keputusan konsumen terhadap pembelian roti di Najwa Bakery di Kota Tarakan. Temuan ini menegaskan pentingnya fokus pada peningkatan kualitas produk dan harga yang bersaing untuk memenuhi harapan konsumen, Namun, Faktor Sosial dan Faktor Budaya tidak terbukti memiliki pengaruh yang signifikan dalam hal kepuasan konsumen di Najwa Bakery..

Kata Kunci: Roti Najwa Bakery, Kepuasaan Konsumen, Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Kualitas Produk, Faktor Kualitas Harga

The importance of customer satisfaction as a critical element in shaping purchasing behavior and consumer loyalty. Consumer satisfaction with a product, service, or brand has a significant positive impact, not only in stimulating the tendency to make repeat purchases but also in encouraging consumers to recommend the product to others. This research aimed to describe the characteristics of consumers at the Najwa Bakery bakery in Tarakan City and to determine the factors that influence consumer satisfaction in buying bread at the Najwa Bakery bakery in Tarakan City. The sample determination method in this research used random sampling using certain criteria, with a total of 45 respondents. This research was conducted at Najwa Bakery and among traders who sell Najwa Bakery bread in Tarakan City. The data used in this research consisted of primary data and secondary data. The data analysis used was quantitative descriptive analysis and multiple linear regression. Based on the analysis of respondent characteristics, a comprehensive picture of the profile of consumers who shop at Najwa Bakery in Tarakan City could be obtained. The majority of respondents were in the 22-26-year age range, indicating the dominance of young consumers in the market segment. The education level at which high school graduates dominate provided an understanding of the level of consumer literacy in choosing bread products. An analysis of the number of family dependents showed that the majority of respondents have family dependents in the range of 2-4 people. Product quality and price quality play a significant role in shaping consumer satisfaction with purchasing bread at Najwa Bakery in Tarakan City. These findings emphasize the importance of improving product quality and competitive prices to meet consumer expectations. However, social and cultural factors were not proven to have a significant influence in terms of consumer satisfaction at Najwa Bakery. Keywords: Satisfaction Factors, Purchasing Najwa Bread, Tarakan City

Detail Informasi