
Analisis Struktur Jembatan Lengkung Dengan Konstruksi Beton Bertulang (Studi Kasus Jembatan Menuju Gedung Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Borneo Tarakan)
Pengarang : Zulkifli - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Untuk melewati sungai yang memutuskan jalan maka diperlukan suatu jembatan untuk menghubungkan akses jalan. Perencanaan jembatan yang terletak di wilayah Universitas Borneo Tarakan ini direncanakan menggunakan Jembatan Lengkung Beton Bertulang dengan bentang 75 meter. Jembatan yang melewati sungai ini ditopang dua abutmen tanpa mengunakan pilar dimana pada perencanaan struktur atas dan struktur bawah jembatan di desain monolit. Karena struktur atas dan struktur bawah jembatan di desain secara monolit sehingga srtuktur jembatan secara statika dikatagorikan struktur statis tak tentu. Dalam perhitungannya struktur jembatan ini di bantu dengan software SAP V.16. untuk lebih memudahkan dalam perhitungan gaya – gaya dalam. Perencanaan struktur jembatan ini mengacu pada RSNI T-02-2005 ( Peraturan Pembebanan untuk Jembatan ), RSNI T-12-2004 ( Perencanaan Struktur Beton untuk Jembatan). Mutu beton yang digunakan adalah fc’ 30 Mpa dengan mutu baja fy 390 Mpa. Seluruh struktur jembatan baik pelat lantai, gelagar dan struktur bawah menggunakan metode cor-insitu. Perencanaan jembatan lengkung beton bertulang ini dilakukan secara berurutan mulai dari pendimensian struktur, analisa pembebanan, perencanaan penulangan, analisa kekuatan penampang dan analisa kebutuhan tulangan.
To pass through the river who decided the road then needed a bridge to connect the road access. Bridge planning at University Borneo Tarakan is planned using Reinforced Concrete Arch Bridges is design 75 meters. Bridge across the river is sopported by 2 abuments without using the pillar where the planning of upper and lower structure is designed monolith. Because the upper and lower bridge structure are design monolithically, so that the bridge structure are statistically categorized statiscally indeterminate structure. In bridge structure calculations is assisted by SAP V.16 software to easier in calculation of internal forces. Planning of the bridge structure refers to the RSNI T-02-2005 (regulations for the loading bridge), RSNI T-12-2004 (Planning of concrete structures for bridge). Quality of concrete used fc’ 30 Mpa with quality of steel fy 390 Mpa. The entire structure bridge either floor plates, ginders and lower structure using of cor-insitu method. The planning of reinforced concrete arch bridge is done sequentially starting from structure dimention, loading analysis, discharge planning, strength pessenger analysis, and needs reinforcement analysis.