Persepsi Dan Minat Generasi Muda Menjadi Pelaku Usaha Agribisnis (Studi Kasus: Alumni Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Borneo Tarakan) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Persepsi Dan Minat Generasi Muda Menjadi Pelaku Usaha Agribisnis (Studi Kasus: Alumni Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Borneo Tarakan)

Persepsi Dan Minat Generasi Muda Menjadi Pelaku Usaha Agribisnis (Studi Kasus: Alumni Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Borneo Tarakan)

Pengarang : Indriani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Mahasiswa agribisnis sebagai mahasiswa terdidik di bidang pertanian diharapkan mempunyai persepsi dan minat yang baik terhadap pelaku usaha Agribisnis dan diharapkan mampu memberikan kontribusi besar dalam pembangunan pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui persepsi generasi muda untuk menjadi pelaku usaha Agribisnis (2) Untuk mengetahui minat generasi muda menjadi pelaku usaha agribisnis. Pengambilan data menggunakan metode simple random sampling dengan responden Alumni mahasiswa Agribisnis Universitas Borneo Tarakan. Jumlah sampel sebanyak 31 Alumni dengan batasan usia antara 16 hingga 30 tahun . Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat persepsi mahasiswa Program Studi Agribisnis Universitas Borneo Tarakan termasuk dalam kategori tinggi dengan skor 17-20. Sedangkan minat mahasiswa agribisnis Universitas Borneo Tarakan untuk menjadi pelaku usaha Agribisnis tergolong dalam kategori yang tinggi dengan skor 48-58, dimana indikator yang terdiri dari pendidikan, sosial keluarga,pendapatan,informasi dan pengalaman.

Kata Kunci: Persepsi, Minat, Alumni Agribisnis, Menjadi Pelaku Usaha Agribinis

Agribusiness students, as students educated in the field of agriculture, are expected to have a good perception of and interest in agribusiness actors and to be able to make a major contribution to agricultural development. This research aimed to (1) find out the perception of the younger generation toward becoming agribusiness entrepreneurs and (2) determine the interest of the younger generation in becoming agribusiness entrepreneurs. Data collection used simple random sampling with respondents from alumni of agribusiness student at the University of Borneo Tarakan. The total sample was 31 alumni, with an age limit of between 16 and 30 years. The data analysis used in this research was descriptive. This research resulted in the level pf perception of students in the Agribusiness Study Program at the University of Borneo Tarakan being in the high category with a score of 69-84. Meanwhile, the interest of agribusiness students at the University of Borneo Tarakan in becoming agribusiness entrepreneurs was in the high category with a score of 40-48, where the indicators consisted of education, family social, income, information, and experience. Keywords: Perception, Interest, Agribusiness Alumni, Agribusiness Actors

Detail Informasi