
Analisis Evektivitas Strategi Pemasaran PT. Columbus Regional V Kalimantan
Pengarang : Yusran - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas strategi
pemasaran yang diterapkan pada PT. Columbus Regional V Kalimantan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif menggunakan wawancara, dan observasi Dimana penelitan dilakukan kurang lebih 2 bulan pada PT. Colombus Regional V Kalimantan dengan jumlah informan 111 orang yang terdiri dari karyawan dan pelanggan PT. Colombus Regional V Kalimantan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa stategi yang diterapkan oleh PT. Colombus Regional V Kaliamantan telah efektif karena telah mampu mencapai target. Namun penurunan angka penjualan Kembali sangat terlihat Ketika terjadi SDM yang Turn Over menyebabkan ketidakstabilan strategi marketing yang dijalankan dan adanya tenaga marketing yang telah lama berhenti dan di gantikan oleh marketing baru yang belum menguasai pasar. Untuk penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian terkait dengan serupa dengan pengembangan alat anaisis dan melakukan perbandingan beberapa usaha jenis untuk mengetahui apa yang menjadi keuatan dan kelemahan dari beberapa usaha jenis untuk kemudian di perbandingkan dan mengasilkan pengetahuan yang lebih mendalam terkait efektivitas strategi yang digunakan untuk meningkatan penjualan Perusahaan
Kata Kunci: Evektivitas, Strategi, Pemasaran, PT.Colombus, Regional V Kalimantan
This research aims to find out how cfTective the marketing stratel,')' implemented at PT. Columbus Regional V Kalimantan. This research used a qualitative approach with descriptive methods using interviews and observations. The Research was conducted for approximately 2 months with 111 informants consisting of employees and customers of PT Columbus Rel,rional V Kalimantan. The research results indicate that the strategy implemented by PT. Columbus Regional V Kalimantan was effective because it has been able to achieve its targets. However, the decline in resale figures is very visible when human resources turnover, the marketingstrategy implemented is unstable and there are marketing personnel who have stopped and been replaced by new marketing who have not yet mastered the market. For further research, researchers can develop analytical tools and compare several types of businesses to find out the strengths and weaknesses of several businesses to then compare and produce more in-depth knowledge regarding the effectiveness of the strategies used to increase company sales. Keywords: PT. Columbus, Effectiveness of Marketing Strategy, Regional V Kalimantan