
Evaluasi Pengaruh Beban Berlebih (Overload) Kendaraan Terhadap Tingkat Kerusakan Jalan Dan Umur Sisa Jalan (Studi Kasus: Ruas Jalan Gunung Selatan Kota Tarakan)
Pengarang : Wahyuni Puspitasari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Jalan raya merupakan prasarana transportasi darat yang membentuk jaringan transportasi untuk menghubungkan satu kawasan dengan kawasan lainnya. Manfaat dari adanya jalan raya ini sangat beragam, diantaranya pada roda perekonomian dan pembangunan yang dapat berputar dengan baik. Seiring dengan bertambahnya kepemilikan kendaraan, serta kemajuan di bidang industry dan perdagangan, serta distribusi barang dan jasa menyebabkan meningkatnya volume lalu lintas. Untuk mengetahui seberapa besar penurunan umur sisa (remaining life) perkerasan dan tingkat kerusakan jalan yang terjadi akibat pergaruh beban berlebih (overload) yang terjadi pada ruas jalan Gunung Selatan dilakukan analisa dan perhitungan LHR (Lalu-lintas Harian Rata-rata), perhitungan Vehicle Damage Factor (VDF), dan perhitungan Equivalent Single Axle Load (ESAL). Dari hasil analisa dan perhitungan tersebut didapat sisa umur layan konstruksi perkerasan jalan berdasarkan perencanaan dalam kondisi beban ditambah 10%, umur sisa perkerasan mengalami penurunan dari kondisi normal terjadi pada tahun keenam, dimana umur sisa (remaining life) hanya sebesar 0,49% dengan tingkat kerusakan jalan sebesar 99,51%. Ketika beban kendaraan berat ditambah beratnya sebesar 20% diperoleh hasil simulasi yang menunjukkan umur sisa pada tahun pertama 3,62% dengan tingkat kerusakan jalan sebesar 96,38%. Kemudian, ketika beban kendaraan berat ditambah beratnya menjadi 30%, diperoleh hasil negatif pada tahun pertama -29,26% dengan tingkat kerusakan jalan sebesar 100%.
Highway is a means of land transportation that make up the transport network for connecting one region to another region. The benefits of the highway is very diverse, including on the economy and development that can run well. Along with increased vehicle ownership, as well as advances in the industry and commerce, and the distribution of goods and service led to increasing traffic volume. To find out how much decrease residual life (remaining life) pavement and the level of damage to roads caused by the influence of overload (overload) which occurred on roads South Mountain performed analiysis and calculation LHR (daily traffic average), the calculation of vehicle damage factor (VDF) and calculation of equivalent single axle load (esal). From analysis and calculation results are obtained remaining life of pavement construction intellectually based planning in load conditions plus a 10% residual life of pavement has decreased from normal conditions occur in the sixth year, in which the residual life (remaining life) is only 0,49% to the level of damage to roads amounting to 99,51%. When the weight of the vehicle plus 20% obtained simulation results show ist age the remainder of the first year amounted to 3,62% at the level of the damage amounted to 96,38%. Then, when the weight of the vehicle is increased to 30% obtained a negative results in the first year of 29,26% to the level of road damage by 100%.