Strategi Pemasaran Produk Olahan Rumput Laut Di Kabupaten Nunukan (Studi Kasus UMKM An Nur Kelurahan Nunukan Barat) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Strategi Pemasaran Produk Olahan Rumput Laut Di Kabupaten Nunukan (Studi Kasus UMKM An Nur Kelurahan Nunukan Barat)

Strategi Pemasaran Produk Olahan Rumput Laut Di Kabupaten Nunukan (Studi Kasus UMKM An Nur Kelurahan Nunukan Barat)

Pengarang : Robiah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

UMKM An Nur merupakan UMKM yang khusus mengolah produk rumput laut. Salah satu metode inovasi UMKM An Nur adalah penambahan senyawa kimia esensial dari rumput laut, seperti gelatin, keragenan, dan alginat yang semuanya merupakan bentuk polisakarida. Hal ini menghasilkan olahan rumput laut yang tidak hanya menjadi sumber nutrisi yang berharga bagi tubuh manusia, namun juga mempunyai nilai ekonomi yang cukup besar. Meski demikian, pemasaran produk olahan rumput laut tersebut saat ini masih terbatas di wilayah Nunukan. Ada dua alasan di balik keterbatasan ini: faktor internal, seperti kurangnya kemahiran dalam menggunakan media sosial, Kemasan kurang menarik dan faktor eksternal, seperti strategi pemasaran yang kurang optimal dan pemasarannya juga masih sekitaran Kabupaten Nunukan, harga produk tidak menetap. Akibat tantangan tersebut, bisnis
UMKM An Nur terus mengalami stagnasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran Produk Olahan Rumput Laut di Kelurahan Nunukan Barat Kabupaten Nunukan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2023 – Februari 2024, jumlah responden sebanyak 11 orang. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis SWOT, dengan menganalisis faktor internal dan eksternal dari industri UMKM An Nur. Berdasarkan analisis SWOT, strategi UMKM An Nur berada pada kuadran III yang terletak diantara peluang dan kelemahan, dimana sumbu X= 3,70+ (-4,00) = -0,30 dan sumbu Y = 4,00 + (-3,80) = 0,20. Strategi yang digunakan disebut dengan strategi Turn Arround, Yaitu terletak diposisi strategi Kelemahan – Peluang (WO), hasil penelitian didapatkan pada industri UMKM An Nur yaitu (a) Memanfaatkan peluang permintaan tinggi dan menambah jumlah tenaga kerja sehingga dapat meningkatkan produksi yang banyak, (b) Memanfaatkan stok produk yang ada sehingga banyak keuntungan apabila banyak konsumen yang datang membeli produk, (c) Memanfaatkan berkembangkan media promosi yang saat ini jauh lebih efektif, (d) memanfaatkan pameran atau bazar untuk memperkenalkan kepada konsumen sehingga konsumen dapat mengetahui produk dan mengetahui lokasi dari usaha UMKM An Nur.

Kata Kunci: Analisis SWOT, UMKM An Nur, Strategi Pemasaran

UMKM An-Nur specializes in processing seaweed products One of the innovative methods employed by UMKM An-Nur is the addition of essential chemical compounds from seaweed, such as gelatin, carrageenan, and alginate, all of which are forms of polysaccharides. This activity not only produces processed seaweed products that serve as valuable sources of nutrition for the human body but also holds significant economic value. However, the marketing of these processed seaweed products is currently limited to the Nunukan area. This study aimed to explore the Marketing Strategies for Processed Seaweed Products in the West Nunukan Sub-District, Nunukan Regency. The research was conducted from June 2023 to February 2024, with a total number of 11 respondents The analysis tool used was SWOT analysis, which examined the internal and external factors of UMKM An-Nur's industry Based on the SWOT analysis, UMKM An-Nur's strategy falls within Quadrant III, situated between opportunities and weaknesses, where the X-axis 3.70+(-4.00)-0.30 and the Y-axis 4.00+ (-380)=0.20. The strategy employed is called the Turn Around strategy, positioned at the Weaknesses Opportunities (WO) strategy, with the research findings revealing the following strategies for UMKM An-Nur's industry (a) Exploiting high demand opportunities and increasing the workforce to enhance production volume, (b) Utilizing existing product stocks to generate more profits when attracting a large number of consumers, (c) Developing more effective promotional media, (d) Participating in exhibitions or bazaars to introduce products to consumers and inform them about UMKM An-Nur's business location. Keywords: SWOT Analysis, UMKM An-Nur, Marketing Strategies

Detail Informasi