Pengaruh Volume Kendaraan Terhadap Tingkat Kerusakaan Jalan Pada Perkerasan Lentur Dan Perkerasan Kaku (Studi Kasus : Mamburungan Timur Jalan Agrowisata, Kota Tarakan) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Volume Kendaraan Terhadap Tingkat Kerusakaan Jalan Pada Perkerasan Lentur Dan Perkerasan Kaku (Studi Kasus : Mamburungan Timur Jalan Agrowisata, Kota Tarakan)

Pengaruh Volume Kendaraan Terhadap Tingkat Kerusakaan Jalan Pada Perkerasan Lentur Dan Perkerasan Kaku (Studi Kasus : Mamburungan Timur Jalan Agrowisata, Kota Tarakan)

Pengarang : Sakinah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jalan merupakan prasarana yang sangat menunjang bagi kehidupan masyarakat. Kerusakan jalan dapat berdampak pada kondisi social dan ekonomi terutama transportasi darat. Tingkat pelayanan jalan ditandai dengan adanya kerusakan pada lapisan perkerasan jalan,kerusakan yang terjadi juga bervariasi pada setiap segmen di sepanjang ruas jalan dan apabila dibiarkan dalam jangka perkerasan. Dalam penelitian kondisi kerusakan jalan pada kasus ini dilakukan melalui servei visual, yaitu dengan mengukur panjang, lebar jalan, serta situasi jalan dilihat dari kondisi perkerasan dari tiap kerusakan jalan yang akan ditinjau, menghitung volume kendaraan sebagai factor utama penyebab terjadinya kerusakan dan mengidentifikasi jenis kerusakan jalan. Koefisienregrasi X1 (a)= 6,929, artinya kendaraan ringan 10 kend/hari akan menambah tingkkat kerusakan jalan sebesar 69,29. Koefisienregresi X2 (b)= (25,891) artinya kendaraan berat sebesar 10 kend/hari akan nambah tingkat kerusakan jalan sebesar -25,891, konstanta (c)= apabila tidak ada kendaraan yang melewati suatu ruas jalan, jalan akan mengalami kerusakan jalan sebesar 0 . Adapun pola hubungan adalah keruakan jalan yang dipengaruhi volume jenis kendaraan ringan dan kendaraan berat memiliki presentasis ebesar 84,2% dan semakin tinggi volume kendaraan maka kerusakan yang terjadi akan semakin besar.

Road is a supportive infrastructure for people's lives. Road damage can be affected to the social and economic conditions, especially land transportation. The pavement layer would decrease the service level. the level of road service was indicated by the damage of the road pavement layer, the damage that occurs also varies on each segment along the road and if left in the pavement term. In this research the condition of road damage in this case was done through visual survey, that was by measuring the length, width of road, and road situation seen from pavement condition of each road damage to be reviewed, calculate vehicle volume as the main factor causing damage and identify type of road damage. Regression coefficient X1 (a) = 6,929, meaning light vehicle 10 kend / day would increase the damage level of road equal to 69,29. Regression coefficient X2 (b) = (-25,891) means vehicle weight of 10 kend / day would increase the level of road damage by -25,891, constant (c) = if no vehicle passes a lever, the road would damage of 0 . The pattern of relationship was the road damage influenced by the volume of light vehicles and heavy vehicles have a presentation of 84.2% and the higher volume of vehicles then damage would be greater

Detail Informasi