Persepsi Masyarakat Terhadap Limbah Usaha Penjual Kambing Di RT 27 Kelurahan Pamusian Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Persepsi Masyarakat Terhadap Limbah Usaha Penjual Kambing Di RT 27 Kelurahan Pamusian Kota Tarakan

Persepsi Masyarakat Terhadap Limbah Usaha Penjual Kambing Di RT 27 Kelurahan Pamusian Kota Tarakan

Pengarang : Muhammad Alif Bahktiar - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jual beli kambing merupakan usaha yang berkembang cukup pesat khususnya di Kota Tarakan. Salah satu Kelurahan di Kota Tarakan yang menjual kambing adalah Kelurahan Pamusian. Peningkatan penjualan kambing salah satu penyebabnya adalah meningkatnya konsumsi daging pada masyarakat namun peningkatan ini juga berdampak pada lingkungan sekitar penjual kambing antara lain pencemaran air, bau, limbah dan suara. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap limbah usaha penjual kambing di RT 27 Kelurahan Pamusian Kota Tarakan. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif yang menggambarkan suatu fenomena, dalam hal ini persepsi masyarakat terhadap limbah usaha penjual kambing. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Penentuan responden pada penelitian ini menggunakan rumus Slovin, responden dalam penelitian ini sebanyak 42 sampel. Variabel yang di ukur yaitu sub variabel bau, pencemaran air, limbah dan suara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik masyarakat menunjukan responden pada penelitian ini dapat di kategorikan pada usia produktif, masyarakat yang berada di daerah penjual kambing berdasarkan jenis kelamin yang paling banyak adalah perempuan, tingkatan pendidikan SMA/SMK yang paling tinggi dengan jumlah 25 orang, pekerjaan wiraswasta merupakan pekerjaan yang paling tinggi dengan jumlah 16 orang. Persepsi masyarakat terhadap limbah usaha penjual kambing dengan sub variabel pencemaran air dengan nilai skor 619, sub variabel bau (penciuman) dengan nilai skor 541, sub variabel limbah dengan skor 593, dan sub variabel suara dengan skor 543 sehingga dapat di dapatkan total persepsi masyarakat secara keseluruhan dengan nilai skor 2.296. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa persepsi masyarakat terhadap limbah usaha penjual kambing di RT 27 Kelurahan Pamusian Kota Tarakan sebagian besar merasa cukup terganggu.

Kata Kunci: Persepsi, Masyarakat, Penjual Kambing, Lingkungan

Buying and selling goats is a business that is growing quite rapidly, especially in Tarakan City. One of the villages in Tarakan City that sells goats is Pamusian Village. One of the reasons for the increase in goat sales is the increase in meat consumption in the community but this increase also has an impact on the environment around goat sellers, including water pollution, odors, waste and sound. This study was conducted to determine the public perception of goat sellers' business waste in RT 27 Pamusian Village, Tarakan City. The research design used descriptive quantitative research that describes a phenomenon, in this case was public perception of goat sellers' business waste. The sampling technique in this study was purposive sampling technique. The determination of respondents in this study used the Slovin formula. The respondents in this study were 42 samples. The variables measured were sub-variables of odor, water pollution, waste and sound. The results showed that the community characteristics showed that respondents in this study can be categorized at productive age, people in goat selling areas based on gender were the most women, the highest level of high school or vocational education with a total of 25 people, self-employed work was the highest job with 16 people. Public perception of goat sellers' business waste with water pollution of sub-variable with a score value of 619, odor (smell) subvariable with a score of 541, waste sub-variable with a score of 593, and sound sub-variable with a score of 543. Therefore, the total public perception as a whole can be obtained with a score of 2.296. The conclusion of this study showed that public perception of goat sellers' business waste in RT 27 Pamusian Village, Tarakan City was mostly quite disturbed. Keywords: Perception, The Public , Goat Sellers', Environment

Detail Informasi