Model Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Bius Coffee Dengan Pendekatan SEM-PLS | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Model Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Bius Coffee Dengan Pendekatan SEM-PLS

Model Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Bius Coffee Dengan Pendekatan SEM-PLS

Pengarang : Embun Sekar Langit - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang urgensi analisis model bauran pemasaran dalam konteks Coffee shop, khususnya Bius Coffee. Dalam menghadapi pertumbuhan pesat industri kopi dan perubahan perilaku konsumen, pemahaman terhadap strategi pemasaran yang efektif menjadi krusial. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui model bauran pemasaran di Bius Coffee (2) Mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen Bius Coffee. Penelitian dilaksanakan di Kota Tarakan sejak Oktober 2023 sampai Januari 2024. Teknik penentuan jumlah sampel pada penelitian ini menggunakan metode Non-probability sampling dan Purposive Sampling. Melalui survei dengan jumlah sampel 100 orang dan metode analisis data menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Bauran Pemasara yang berpengaruh dengan kepuasan konsumen Bius Coffee terdiri atas variabel Produk, Harga, Tempat, Promosi, Orang, Bukti Fisik,Proses dan Kepuasan Konsumen yang memiliki nilai konstruk yang valid dalam membangun masing-masing variabel laten dibandingkan dengan indikator lainnya yang memiliki nilai indikator yang tidak valid (kurang dari 0,05). Menghasilkan R2 65,8% yang merupakan hasil yang telah diberikan dan dibangun oleh masing-masing varibel laten, dari hasil tersebut dapat dilihat pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen Bius Coffee ialah variabel Produk dan Bukti Fisik memiliki nilai signifikansi P-Value 0,004 < 0,05 serta variabel Orang dengan nilai signifikansi P-Value 0,028 < 0,05, dan sebesar 34,2% yang dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata Kunci: SEM-PLS, Konsumen, Bauran, Kepuasan

This research examined the urgency of marketing mix model analysis at Bius coffee shops in Tarakan. In facing the rapid growth of the coffee industry and changing consumer behaviour, understanding effective marketing strategies is becoming crucial. This research aimed to contribute to understanding and improving marketing performance and identify its impact on consumer satisfaction. The research results provide practical guidance for similar business owners and stakeholders in optimising marketing strategies and meeting consumer expectations through the use of the marketing mix model and the influence of the marketing mix on consumer satisfaction at Bius Coffee. A survey using PLS-SEM involved 100 consumers as respondents consisting of 64 male and 36 female respondents. The research results showed that the Marketing Mix Model influences Bius Coffee's consumer satisfaction, consists of the variables Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, Process and Consumer Satisfaction, which have valid construct values in building each latent variable compared to the indicators others that have invalid indicator values (less than 0.05). The R2 is 65.8%, which is the result that has been given and built by each latent variable; from these results, the influence of the marketing mix on consumer satisfaction can be seen. Bius Coffee, namely the Product and Physical Evidence variables, has a significant P-value of 0.004 < 0.05. The Person variable has a P-value significance value of 0.028 < 0.05, and 34.2%, influenced by other factors Keywords: PLS-SEM, Consumer, Mix, Satisfaction

Detail Informasi