
Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Campuran Siswa Kelas II-A SD Negeri 035 Tarakan
Pengarang : May Fadila Wulandari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kesulitan siswa dalam memahami materi operasi hitung campuran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan dan faktor penyebab kesulitan siswa kelas II-A SD Negeri 035 Tarakan dalam memahami materi operasi hitung campuran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif Data dikumpulkan melalui wawancara dengan 4 siswa mewakili subjek penelitian. Data dianalisis secara kualitatif untuk mendeskripsikan jenis kesulitan yang dialami siswa dalam memahami materi operasi hitung campuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kelemahan dalam berhitung dialami oleh subjek S1,S2, S3, dan S4 dimana S1 keliru dalam menempatkan angka yang akan dikerjakan serta S1 kurang tepat dalam menggunakan bilangan yang akan digunakan selanjutnya, kemudian S2 kesulitan dalam menentukan hasil karena subjek S2 tidak menggunakan cara menurun, selanjutnya S3 sudah benar menggunakan cara menurun namun kurang tepat dalam menempatkan angka sehingga menemukan hasil akhir yang kurang tepat. S4 kurang tertarik pada pembelajaran matematika sehingga S4 tidak bisa berhitung. Kesulitan dalam mentransfer pengetahuan yang dialami oleh subjek S2 dan S4 yaitu subjek S2 beranggapan bahwa ia telah selesai mengerjakan soal yang diberikan. Sedangkan S4 ia kesulitan dalam mentukan operasi hitung yang akan digunakan karena S4 belum bisa membaca. Pemahaman bahasa matematika yang kurang yang dialami oleh subjek S1,S2, dan S4 terjadi karena subjek tersebut kurang tepat dalam memahami soal yang diberikan. S1 sesekali keliru dalam menentukan operasi hitung yang akan digunakan.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Operasi Hitung, Siswa SD
This research was initiated by the difficulty of students in understanding material of mixed arithmetic operations. The purpose of this research was to describe the difficulties and factors causing difficulties of students in class II-A SD Negeri 035 Tarakan in understanding the material of mixed arithmetic operations. The method used in this research was a descriptive qualitative research method. Data was collected through interviews with 4 students representing the research subjects. The data was analyzed qualitatively to describe the types of difficulties experienced by students in understanding mixed arithmetic operation material. The results revealed that the weaknesses in counting were experienced by subjects, namely S1, S2, S3, and S4 where Sl was incorrect in placing the numbers to be calculated and Sl was less precise in using the numbers to be used subsequently, then S2 had difficulty in determining the results because the subject S2 did not use the descending method, then S3 was correct in using the descending method but was less precise in placing the numbers so as to determine the incorrect final result. S4 was less interested in learning math so that S4 could not count. The difficulty in transferring knowledge experienced by S2 and S4, namely S2 assumed that he had finished working on the given questions. Meanwhile, S4 had difficulty in determining the calculation operation to be used because S4 could not read. The lack of understanding of mathematical language experienced by Sl, S2, and S4 occurred because these subjects were less precise in understanding the given questions. S1 occasionally made mistakes in determining the calculation operation to be used. Keywords: Learning Difficulties, Arithmetic Operations, Primary School Students