Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Video Edukasi Terhadap Self Awareness Pelecehan Seksual Di SMP Negeri 1 Sekatak Buji | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Video Edukasi Terhadap Self Awareness Pelecehan Seksual Di SMP Negeri 1 Sekatak Buji

Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Video Edukasi Terhadap Self Awareness Pelecehan Seksual Di SMP Negeri 1 Sekatak Buji

Pengarang : Patmawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Self Awareness merupakan kemampuan diri sendiri melalui evaluasi otentik terhadap kemampuan seseorang, dan mengenali diri sendiri sebagai individu dilingkungannya untuk dapat mengontrol tindakan. Dengan tidak menyadarinya jika yang dia lakukan atau yang di alaminya adalah pelecehan seksual. Maka dari itu, perlu diberikannya layanan bimbingan kelompok, agar peserta didik dapat mengetahui perilaku mana yang tergolong pelecehan seksual. Bimbingan kelompok bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pencegahan agar siswa dapat mengetahui pelecehan baik verbal maupun non verbal. Media yang digunakan adalah video edukasi dalam video animasi, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok melalui video edukasi terhadap self awareness pelecehan seksual, penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre Experimen dengan Jenis one group pre-test dan post-test design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 353 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dengan jumlah sampel 15 siswa. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan infrensial. Uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon dengan SPSS versi 26.0. Berdasarkan analisis disimpulkan bahwa nilai signifikan sebesar (0,001 < 0,05) yang artinya terdapat pengaruh Bimbingan Kelompok melalui video edukasi terhadap self awareness siswa.

Kata Kunci: Self Awareness, Pelecehan Seksual, Video Edukasi

Self Awareness refers to the capacity to accurately assess one's talents and acknowledge oneself as a distinct entity within a given context, enabling the regulation of one's behavior. It encompasses being mindful of whether one's encounters or behaviors amount to sexual harassment. Consequently, the implementation of group therapy services is necessary to assist students in recognizing and categorizing acts that fall under the classification of sexual harassment. The primary objective of group counseling is to facilitate comprehension and proactively address the harassment issue by enabling students to identify verbal and non-verbal manifestations of such behavior. The instructive videos are presented animatedly. The objective of this study is to examine the impact of group counseling using educational movies on individuals' level of self- awareness regarding sexual harassment. The study utilizes a Pre-Experimental design, specifically a one-group pre-test and post-test design, employing quantitative methods. The sample size for this study comprises 353 students. The sampling technique employed is random sampling, utilizing a sample size of 15 students. Data analysis encompasses both descriptive and inferential statistics. The Wilcoxon test is employed for hypothesis testing using SPSS version 26.0. The analysis concludes that the p-value is less than the significance level of 0.05, namely 0.001. This research suggests that Group Counselling using educational videos substantially influences students' self-awareness. Keywords: Self Awareness, Sexual Harassment, Educational Videos

Detail Informasi