Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Terhadap Pembangunan Saluran Sungai Sebengkok Di Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Terhadap Pembangunan Saluran Sungai Sebengkok Di Kota Tarakan

Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Terhadap Pembangunan Saluran Sungai Sebengkok Di Kota Tarakan

Pengarang : Riswandi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Perubahan struktur ruang kota akan mempengaruhi pola pergerakan yang kemudian akan membebani jaringan jalan di suatu wilayah sehingga diperlukan studi analisis dampak lalu lintas (andalalin). Berdasarkan Undang-Undang No. 22 tahun 2009 pasal 99 yaitu setiap rencana pembangunan pusat kegiatan, permukiman, dan infrastruktur yang akan menimbulkan gangguan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan wajib dilakukan analisis kinerja Lalu Lintas. Studi analisis kinerja lalu lintas akibat pembangunan yang mempengaruhi tata guna lahan salah satunya Pembangunan Saluran Sungai Sebengkok (Pengendalian Banjir Kawasan Sebengkok). Studi ini dilakukan untuk mengetahui permasalahan lalu lintas yang mungkin terjadi sebagai dampak dari pembangunan pengendali banjir tersebut. Secara keseluruhan kinerja lalu lintas setelah perubahan sistem lalu lintas akibat proyek penanggulangan banjir sebengkok menunjukan perubahan yang berarti. Dari hasil penelitian terhadap derajat kejenuhan (DS) sebelum adanya perubahan sistem lalu lintas satu jalur sebesar 0,698 dan setelah adanya perubahan sistem lalu lintas satu jalur dua lajur sebesar 0,72. Maka dapat disimpulkan dengan adanya perubahan sistem lalu lintas akibat proyek pembangunan penanggulangan banjir sebengkok terjadi perubahan terhadap kinerja lalu lintas yang memperlihatkan kondisi tidak stabil dan terjadi kemacetan serta kondisi arus lalu lintas sebesar 1533,85 smp/jam bertambah akibat pergerakan kendaraan menuju utara menambah beban pada ruas jalan.

Changes in the structure of urban space will affect movement patterns which then would burden the road network in the region so that the necessary traffic impact analysis study. Based on Law No. 22 of 2009 section 99 that any development plan centers, settlements and infrastructure that will cause interference Security, Safety, Public Order and Smooth Traffic and Road Transport mandatory Traffic performance analysis. The study analyzes traffic performance as a result of developments affecting land use one Sebengkok River Channel Development (Flood Control Region Sebengkok). This study was conducted to determine the traffic problems that may occur as a result of the construction of the flood control. Overall traffic performance after the change the traffic system as a result of flood prevention projects sebengkok show any significant change. From the results of research into the degree of saturation (DS) before the system changes the traffic one lane at 0.698 and after the change of system traffic one lane of two lanes of 0.72. It can be concluded with the change in the traffic system as a result of the construction of flood prevention sebengkok changes to the traffic performance showing an unstable condition and there is congestion and traffic flow conditions at 1533.85 smp / hour increase due to the movement of vehicles to the north adds to the burden on roads.

Detail Informasi