Peran & Strategi Kelompok Tani Dalam Pemasaran Hasil Sayuran Kelompok Tani Enggal Lancar Desa Tanjung Buka SP 5A Kabupaten Bulungan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peran & Strategi Kelompok Tani Dalam Pemasaran Hasil Sayuran Kelompok Tani Enggal Lancar Desa Tanjung Buka SP 5A Kabupaten Bulungan

Peran & Strategi Kelompok Tani Dalam Pemasaran Hasil Sayuran Kelompok Tani Enggal Lancar Desa Tanjung Buka SP 5A Kabupaten Bulungan

Pengarang : Saif Pudin - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tanaman sayuran merupakan salah satu komoditas hortikultura yang memiliki permintaan tinggi. Produktivitas tanaman sayuran yang tinggi dapat dicapai melalui penguatan kelompok tani. Tujuan penelitian ini yaitu,1) Mengetahui peran kelompok tani dalam pemasaran di Desa Tanjung Buka SP 5A, 2) Merumuskan strategi penguatan dan peningkatan peran kelompok tani dalam pemasaran sayuran di Desa Tanjung Buka SP 5A. Jumlah responden 11 orang, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan Kelompok tani Enggal Lancar belum optimal dalam menjalankan peran sebagai wadah belajar, wahana kerjasama dan wahana unit produksi. Strategi penguatan kelompok tani, dalam pemasaran di Desa Tanjung Buka SP 5A berada pada strategi SO (strategi agresif) yaitu meliputi : (a) Meningkatkan kualitas produk melalui berbagai aspek seperti inovasi, produk, diversifikasi tanaman dan praktik pertanian berkelanjutan (b) Memperluas areal tanam untuk meningkatkan produktivitas sayuran dengan memanfaatkan penggunaan teknologi.

Kata Kunci: Kelompok Tani, Sayuran, Strategi Pemasaran

Vegetable plants represent a horticultural commodity in high demand, with their productivity greatly influenced by the collective strenght of farmers groups. This study aimed to (1) determine the role of a farmer group in marketing within Tanjung Buka Village SP 5A, and (2) formulate strategies to strengthen and increase the role of a farmer group in marketing vegetables in Tanjung Buka Village SP 5A. the study surveyed 11 respondents and data analysis comprised descriptive analysis and SWOT analysis. Findings revealed that the Enggal Lancar farmer group had yet to fully optimize its role as a learning forum, fostering cooperation, and facilitating production units. The strategy for strengthening the farmer group in marketing within Tanjung Buka Village SP 5A focused on the SO strategy (aggressive strategy), encompassing: (a) improving product quality through various aspects such an innovation, product diversity, plant diversification, and sustainable agricultural practices, and (b) expanding cultivation areas to increase vegetable productivity by utilizing technology. Keywords: Farmer Groups, Vegetables, Marketing Strategy

Detail Informasi