
Studi Dampak Genangan Air Permukaan Terhadap Kerusakan Jalan (Studi Kasus Jalan K.H Agus Salim, Kota Tarakan)
Pengarang : Oggie Samsu Prayoga - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Jalan merupakan prasarana yang sangat berperan penting dalam sektor perhubungan. Upaya penanganan dan pencegahan kerusakan jalan yang ideal tidak hanya sebatas pada perencanaan overlay atau rekontruksi permukaan jalan dengan menggunakan material yang lebih baik, akan tetapi juga perlu direncanakan perbaikan sistem drainasenya. Sebagaimana yang diketahui bahwa fungsi dari saluran drainase adalah untuk menampung air seperti air hujan yang jatuh pada permukaan jalan yang seharusnya menggalir ke samping dan tidak mengumpul di bahu jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor penyebab terjadinya genangan air di badan jalan, Mengetahui pengaruh genangan air terhadap kerusakan jalan serta alternatif penangananya. dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dan Metode Frekuensi Gumbel untuk mengetahui genangan air. Hasil dari penelitian ini didapat jenis kerusakan jalan akibat genangan air permukaan antara lain berlubang, retak-retak, terlepasnya lapis permukaan serta kerusakan tepi perkerasan jalan. Tingkat kerusakan jalan K.H Agus Salim paling besar adalah 21,13% retak memanjang (longitudinal cracks) dan yang paling kecil 0.20% pengelupasan lapis permukaan. Dan hasil perhitungan dengan metode Gumbel terhadap dimensi saluran drainase di jalan K.H.Agus Salim diperoleh debit banjir rencana sebesar 0,195 m3/detik, tinggi saluran 1,6 meter, tinggi air 0,976 meter, lebar 1,127 meter, dan tinggi jagaan sebesar 0,699 meter. Bila dibandingkan dengan saluran drainase existing yang ada saat sekarang ini, bahwa saluran drainase yang ada tidak akan mampu menampung dan mengalirkan debit banjir rencana sebesar 0,195 m3/detik, karena debit banjir rencana lebih besar dari penampang drainase yang ada saat sekarang ini.
Road is an important role of infrastructure in the transportation sector.Efforts to handle and prevent ideal road damage not only for the overlay planning or road surface reconstruction using better materials, but also need to be planned repair drainage system.As is known, the function of drainage channel was to hold the water, like rainwater that falls on the surface of the road that should flow to the side and do not gather on the shoulder of the road. This research aims to determine the factors of caused water puddles in the road body, Knowing the influence of water puddles on road damage and alternative handling. using the Pavement Condition Index (PCI) method and the Gumbel Frequency Method to determine the pool of water. The results of this research obtained the types of road damage due to surface water pools such as holes, cracks, the release of surface layers and damage to the pavement edge.The highest level of damage on K.H Agus Salim road was 21.13% longitudinal cracks and the smallest 0.20% surface layer peeling. The result of calculation with Gumbel method to drainage channel dimension on K.H.Agus Salim road obtained flood discharge plan 0,195 m3/second, channel height 1,6 meter, water height 0,976 meter, width 1,127 meter and height of security 0,699 meter.Compared to existing drainage channels, the existing drainage channels will not be able to accommodate flood discharge plans of 0.195 m3 / sec, as the planned flood discharge is greater than the current drainage cross section.