
Pengembangan LKPD Berbasis Wordwall Pada Materi Sistem Pernafasan Manusia Kelas V-B SDN 005 Bunyu
Pengarang : Muhammad Zaini - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis Wordwall pada materi sistem pernafasan manusia kelas V-B SDN 005 Bunyu. Serta untuk mengetahui bagaimana kelayakan yang diperoleh dari Hasil Validasi ahli bahasa, ahli media, dan ahli materi, untuk mengetahui ketertarikan diambil dari angket repon siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, lembar wawancara, lembar validasi, angket respon siswa, dan dokumentasi. Hasil validasi yang diperoleh pada validasi ahli media yaitu sebesar 72% ahli bahasa diperoleh sebesar 80% dari persentase tersebut dikategorikan layak. Untuk validasi ahli materi diperoleh sebesar 92% dari persentase tersebut dikategorikan sangat layak. Serta uji coba terbatas memperoleh persentase sebesar 95,5% dan untuk uji coba lapangan di peroleh persentase sebesar 97,6% kategori sangat tertarik. Berdasarkan hasil persentase dari validasi dan angket respon siswa pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan, maka LKPD berbasis Wordwall pada sistem pernafasan manusia kelas V-B dinyatakan sangat tertarik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, LKPD Berbasis Wordwall, Model ADDIE
This study aimed to develop a Word wall-based LKPD for the human respiratory system in class V-B SDN 005 Bunyu. The study also determined the feasibility of the LKPD through validation by linguists, media experts, and material experts. Additionally, the study was conducted to evaluate student interest through a questionnaire. The study conducted was based on research and development (R&D) using the ADDIE model, which consists of five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The study employed several data collection instruments, including observation, interview sheets, validation sheets, student response questionnaires, and documentation. The validation results were 72% in the media expert validation, while the linguist obtained 80%. Both percentages were categorized as feasible. In the material expert validation92% was categorized as very feasible. The limited trial achieved a success rate of 95.5%, while the field trial achieved a success rate of 97.6% in the highly interested category. Based on the results of limited and field trials, the Word wall-based LKPD on the human respiratory system in class V-B is considered suitable for use in the learning process. Keywords: Development, Word Wall-Based LKPD, ADDIE Model