
Pengembangan LKPD "PEMATIKSIM" Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMPN 1 Tanjung Selor
Pengarang : Saskia Humairah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Studi pendahuluan merekomendasikan bahwa di SMPN 1 Tanjung Selor memerlukan bahan ajar yang lebih kontekstual dibandingkan dengan buku yang sudah ada. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis pendidikan matematika realistik dengan kemampuan rotasi mental pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (RnD). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri atas tahap Analyze (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini meliputi angket validasi ahli materi dan ahli media untuk kevalidan LKPD, angket respon guru dan peserta didik untuk menentukan kepraktisan, dan tes hasil belajar untuk menentukan keefektifan LKPD. Uji coba penggunaan LKPD dilakukan kepada 30 peserta didik kelas VIII SMPN 1 Tanjung Selor. Berdasarkan hasil validasi, diperoleh bahwa LKPD valid digunakan dengan hasil validasi LKPD oleh ahli Media dan Materi adalah 3,54 termasuk dalam klasifikasi sangat baik. LKPD praktis digunakan dengan hasil angket respon guru adalah 4 termasuk dalam klasifikasi sangat baik dan angket respon peserta didik adalah 3,57 termasuk dalam klasifikasi sangat baik. Hasil tes hasil belajar peserta didik terdapat 29 dari 30 peserta didik yang lulus KKM, maka LKPD yang dikembangkan efektif digunakan dengan persentase tes hasil belajar sebesar 96,67% termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan keterangan diatas LKPD yang dikambangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Kata Kunci: Kemampuan Rotasi Mental, LKPD, Pendidikan Matematika Realistik, RnD
Preliminary studies recommend that SMPN 1 Tanjung Selor requires teaching materials that are more contextual compare to existing books. Based on the situation, research was conducted with the aim of producing Student Worksheets (LKPD) based on realistic mathematics education with mental rotation abilities in flat-sided solid materials. This research utilized the Research and Development (R&D) methodology. The development model employed was ADDIE, consisting of the Analyze, Design, Developmnet, Implementation, and Evaluation stage. Instruments used in this study included questionnaires for content and media experts to validate the LKPD, questionnaires for teachers and students to determine practicality, and learning outcome test to ascertain the effectiveness of the LKPD. LKPD usage trials were conducted with 30 grade VIII student at SMPN 1 Tanjung Selor. Based on validation results, it was found that the LKPD was valid for use, with validation score from media and content experts being 3.54, classified as excellent. The LKPD wa practical use, with teacher response questionnaire score of 4, classified as excellent, and student response questionnaire skor of 3.57, also classified as excellent. In the student learning outcome tests, 20 out of 30 students passed the Minimum Completion Criteria (KKM), indicate that the developed LKPD was effective with a learning outcome test score percentage of 96.67%, classified as excellent. Based on the information provided, the developed LKPD meets the criteria of validity, practicality, and effectiveness. Keywords: Mental Rotation Ability, LKPD, Realistic Mathematics Education, R&D