
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Maslah Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Palas Tengah
Pengarang : Yulyana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Palas Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest- posttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjung Palas Tengah. Penarikan sampel menggunakan teknik cluster Random Sampling dan diperoleh sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan tes tertulis. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu rata-rata dan simpangan baku dan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas untuk data awal dan uji hipotesis menggunakan uji statistik independen sampel t-test. Hasil analisis deskriptif menunjukan rata-rata nilai pretest di kelas eksperimen lebih besar dari rata-rata nilai pretest dikelas kontrol yaitu sebesar 59,87 pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol sebesar 52,87. Sedangkan nilai posttest pada kelas eksperimen yaitu 79,93, sedangkan pada kelas kontrol yaitu 65,33. Berdasarkan hasil analisis uji independent sampel t-test dengan taraf signifikan 5% (α=0,05). Dengan demikian H_0 ditolak dan H_1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Palas Tengah.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
This research aimed to determine the effect of problem-based learning on students' mathematical problem-solving abilities at SMA Negeri 1 Tanjung Palas Tengah This research was an experimental research design with a pretest-posttest control group design. The population in this study were all class XI students at SMA Negeri 1 Tanjung Palas Tengah. The sampling technique used was cluster random sampling, and the research samples obtained were class XI IPA 1 with 15 students as the experimental class and class XI IPA 2 with 15 students as the control class The data collection technique in this research was administering a written test. Data analysis in this research used descriptive analysis, namely the average and standard deviation, prerequisite tests, namely the normality test and homogeneity test for initial data, and hypothesis testing using a statistically independent sample t-test. Analysis results showed that the average value pretest in the experimental class was greater than the average value pretest in the control class, it was 59.87 in the experimental class, while in the control class, it was 52 87 For the post-test value in the experimental class, it was 79 93, while in the control class, it was 65 33 lt was based on the results of an independent sample t-test with a significance level of 5% (-0.05) Thus, HO was rejected and HI was accepted, therefore, it can be concluded that the learning model of problem-based learning affected the problem-solving abilities of class XI students at SMA Negeri 1 Tanjung Palas Tengah Keywords: Problem-Based Learning, Mathematical Problem-Solving Ability