
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Reni's Cake Tanjung Selor)
Pengarang : Paujiyah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Pelaku usaha mengalami kesulitan dalam memenuhi setiap keinginan yang diharapkan oleh pelanggan. Salah satu kunci suskes sebuah perusahaan adalah menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan dan kualitas produk Reni’s Cake, untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan Reni’s Cake, dan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan Reni’s Cake. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Skala Likert dan Regresi Linear Berganda. Dengan jumlah responden 50 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat Kualitas Pelayanan termasuk kategori sedang dengan nilai 33.26 tingkat Kualitas Produk berkategori tinggi dengan nilai 28,82, tingkat Kepuasan Pelanggan berkategori sedang dengan nilai 27,34 dan Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan dilihat dari nilai t hitung (1,729) > t tabel (1,676) dengan nilai signifikansi kurang dari 0.05.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan
Entrepreneurs have difficulty in fulfilling every customer's expectation. One of the keys to a company's success is implementing good and quality service. This study aimed to determine the level of service quality and product quality of Reni's Cake, to determine the level of customer satisfaction of Reni's Cake, and to determine the effect of service quality and product quality on customer satisfaction of Reni's Cake The data analysis used in this research was Likert Scale Analysis and Multiple Linear Regression with a total of 50 respondents. The results of this study indicate that the level of Service Quality was in the medium category with a value of 33 26, the level of Product Quality was in the high category with a value of 28 82, the level of Customer Satisfaction was in the medium category with a value of 27 34 and Service Quality affected Customer Satisfaction as the t-value (1729) (1.676) with a significance value of less than 0.05 t-table. Keywords: Service Quality, Product Quality, Customer Satisfaction