
Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas X Di SMA Negeri 1 Tarakan
Pengarang : Yuliana A.M. - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kesulitan Belajar di SMA Negeri 1 Tarakan. Upaya guru bimbingan dan konseling adalah suatu usaha atau tindakan yang dilakukan guru bimbingan dan konseling untuk mencegah dan memecahkan suatu permasalahan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah Guru Bimbingan dan Konseling sebanyak 2 (dua) guru yang berada di SMA Negeri 1 Tarakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Tarakan adalah dengan memberikan layanan bimbingan klasikal dan bimbingan kelompok kepada peserta didik dan membawa perubahan baik dirinya, hingga tujuan dari penelitian ini tercapai, yaitu untuk membantu peserta didik dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialaminya.
Kata Kunci: Upaya Guru Bimbingan dan Konseling, Kesulitan Belajar
This study aims to determine the efforts of guidance and counselling teachers in overcoming student learning difficulties at SMA Negeri 1 Tarakan. The efforts of guidance and counselling teachers were an effort or action taken by guidance and counselling teachers to prevent and solve a problem. The approach used in this research was qualitative approach using descriptive methods. The informants in this study were two teachers at SMA Negeri 1 Tarakan. Data collection techniques used in this research were interviews and documentation. Miles and Huberman used data analysis techniques such as data reduction, presentation, and conclusion drawing. The results showed that teacher efforts to provide providential guidance services and group guidance to students brought good changes, so the research problem was answered well. Keywords: Efforts of Guidance and Counselling Teachers, Learning Difficulties