Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V-A Di SD Negeri 027 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V-A Di SD Negeri 027 Tarakan

Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V-A Di SD Negeri 027 Tarakan

Pengarang : Jamaluddin - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan dan keefektifan media pembelajaran permainan ular tangga ditinjau dari hasil validasi dan angket respon siswa. Kelayakan dilihat dari hasil validasi media, materi, dan praktisi serta untuk keefektifan diambil dari angket respon siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: analysis, design, development, implementation, evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, lembar wawancara, lembar validasi, angket respon siswa, dan dokumentasi. Hasil validasi yang diperoleh pada validasi ahli media yaitu sebesar 80% ahli materi diperoleh sebesar 82%, ahli praktisi diperoleh sebesar 92% dari persentase tersebut dikategorikan sangat layak. Serta uji coba terbatas memperoleh persentase sebesar 90% dan untuk uji coba lapangan di peroleh persentase sebesar 91% kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil persentase dari validasi dan angket respon siswa pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan, maka media permainan ular tangga dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Permainan Ular Tangga, Model ADDIE

This research aims to know the feasibility and effectiveness of the Snakes and Ladders game learning media in terms of validation results and student response questionnaires, Feasibility is seen from the results of media, material, and practitioner validation, and effectiveness is taken from student response questionnaires. The type of research uses Research and Development (R&D) with the ADDIE model which consists of five stages; analysis, design, development, implementation, and evaluation. The data collection instruments used were observation, interview sheets, validation sheets, student response questionnaires, and documentation. The validation results obtained from media expert validation were 80%, material experts 82%, and practitioner experts 92% which was categorized as very feasible. The limited trials obtained 90% and for field trials 91% was obtained in the very effective category. Based on the percentage results from validation and student response questionnaires in limited and field trials, the snake and ladder game media were declared feasible and effective for use in the learning process. Keywords: Development, Snakes and Ladders Game Media, ADDIE Model

Detail Informasi