Identifikasi Tingkat Stres Belajar Mahasiswa Di Program Studi Bimbingan Dan Konseling Angkatan 2020 Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Identifikasi Tingkat Stres Belajar Mahasiswa Di Program Studi Bimbingan Dan Konseling Angkatan 2020 Universitas Borneo Tarakan

Identifikasi Tingkat Stres Belajar Mahasiswa Di Program Studi Bimbingan Dan Konseling Angkatan 2020 Universitas Borneo Tarakan

Pengarang : Robby Agus Suprianto - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat stres belajar mahasiswa di Program Studi Bimbingan dan Konseling Angkatan 2020 Universitas Borneo Tarakan di Tengah Pandemi Covid-19. stress belajar adalah suatu kondisi kejiwaan yang disebabkan oleh faktor interen atau faktor ekstern yang dirasakan mahasiswa sebagai ancaman yang membahayakan dirinya sehingga menghambat aktifitas belajarnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuntitatif sifatnya deskriptif teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan skala. Adapun jumlah sampel dan populasi sebanyak 70 mahasiswa jurusan bimbingan dan konseling. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada kategori pernah dan kategori jarang dalam tingkat stress belajar mahasiswa Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Borneo Tarakan. Hasil tersebut terlihat dari analisis secara keseluruhan sebanyak 70 subjek atau dengan persentase sebanyak 48,26 %. Sedangkan berdasarkan perindikatornya sebanyak 147 subjek atau dengan persentase sebanyak 73,14 %, dengan indikator pertama yaitu tingkat Stressornya, sedangkan pada indikator yang kedua dengan Reaksi Tingkat Stressor sebanyak 100 subjek atau dengan persentase sebanyak 49,75 %. Jadi, dari hasil persentase tersebut terlihat pada kategori kurang baik, artinya tingkat stress belajar mahasiswa Bimbingna dan Konseling Angkatan 2020 Unversitas Borneo Tarakan dapat dikatakan tinggi.

Kata Kunci: Stres Belajar, Pandemi Covid-19

This study aimed to assess the level of stress experienced by students enrolled in the Guidance and Counselling Study Program at Borneo University Tarakan during the COVID-19 pandemic. Studying stress is a psychological condition caused by internal or external factors that students perceive as threatening and endangering them so that it interferes with their learning activities. This study employs a descriptive quantitative research technique for data collection, using a scale. The sample and population size were 70 students majoring in Counselling and Guidance. The study found that there was a significant difference in the level of learning stress experienced by Guidance and Counselling students at the Faculty of Teacher Training and Education at Borneo University Tarakan, between the ever category and the rare category. The results were based on the analysis of 70 subjects, representing 48.26% of the total sample. Whereas based on the two indicators as many as 147 respondents or with a percentage of 73.14%, with the first indicator, namely the level of stressor, while in the second indicator with the stressor level response as many as 100 respondents or for a percentage of 49.75%. Therefore, from the results of these percentages, it can be seen that it is in the unfavorable category, which means that the level of learning stress of the students of Borneo University Tarakan can be said to be high. Keywords: Studying Stress, Covid-19 Pandemic

Detail Informasi