Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kota Di Kota Tarakan (Studi Kasus: Tarakan Tengah) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kota Di Kota Tarakan (Studi Kasus: Tarakan Tengah)

Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kota Di Kota Tarakan (Studi Kasus: Tarakan Tengah)

Pengarang : Desi Nasari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kota Tarakan yang diukur berdasarakan kepuasan masyarakat dengan menggunakan Indek Kepuasan Masayarakat (IKM). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuamtitatif deskriftif dengan menggunakan analisis Indeks Kepuasan Masyarakat dengan hasil desai dalam bentuk angka. Penelitian dilakukan di Kota Tarakan terkhususnya di kecamatan Tarakan Tengah. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik random sampling (secara acak). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kota Tarakan adalah 2,09 dengan angka konversi sebesar 52,00. Maka kinerja kualitas pelayanan publik berada kategori mutu pelayanan tidak baik. Hasil dari enam indikator Indeks Kepuasan Masayarakat dengan nilai antara 0-100, adalah sebagai berikut : (1) Persyaraatan Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 81,25 dengan kategori baik. (2) Prosedur Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 81,25. (3) Waktu Penyelesaian Petugas Pelayanan memilki nilai IKM sebesar 81,5 dengan kategori baik. (4) Biaya/Tarif pelayanan memilki nilai IKM sebesar 76,25 dengan kategori kurang baik. (5) Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan memilki nilai IKM sebesar 79 dengan kategori baik. (6) Kompetensi Pelaksana Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 81,5 dengan kategori baik. Data penelitian ini menggunakan data primer dimana skala likert dan importance performance analysis (IPA) sebagai analisis. Dari hasil penelitian ini terdapat enam persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik (X) di pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kota Tarakan dan terdapat enam persepsi masyarakat terhadap kepuasan pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kota Tarakan (Y) menjawab puas dan kurang puas atas kinerja pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kota Tarakan. Kepuasan pelayanan publik di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kota Tarakan diukur dengan perhitungan indeks kepuasan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (IKP) sebesar 58,76% yang menyatakan pengguna tidak puas dengan pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kota Tarakan. Oleh karena itu, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kota Tarakan perlu meningkatkan kinerja pelayanan.

Kata Kunci : Kepuasan Masyarakat, Kualitas Pelayanan, Importance Performance Analysis, Pelayanan Publik

The objective of this study was to evaluate the Tarakan City Social Security Administering Agency’s service quality, which is determined by community satisfaction as indicated by the Community Satisfaction Index (IKM). The research employed a descriptive quantitative method, utilizing the Community Satisfaction Index ananlysis to get numerical desigen outcomes. The reserarch was conducted inTarakan city, especially in Central Tarakan district. The sampling technique used was a random sampling technique. Data collection techniques were carried out using documentatiton technique and questionnaires. The research results showed that the Community Statisfation index value for the service of the Tarakan City Social Security Administering Agency was 2.09 with a conversion rate of 52.00. So the performance of public service quality was in the poor service quality category. The results of the Community Satisfaction Index indicator with values between 0-100 were as follows: (1) Service Requirements had an IKM value of 81.25 in the good category, (2) Service prcedures had an IKM value of 81.25. (3) Service Officer Complation Time had an IKM score of 81.5 in the good category. (4) Service costs/tariffs have an IKM value 76.25 in the poor category. (5) Service type Specification Product have an IKM score of 79 in thhe good category. (6) Sevice Implementation Competency had an IKM score of 81.5 in the good category. This research datta used primary data where the lkert scale and importance performance analysis (IPA) were used as analysis. From thhe results of this research, there were six public perceptions of public services (X) in the service of the Tarakan City Social Security Administering Agency and there were six public perception regarding satisfaction whit the service of the Trakan City Social Security Administering Agency (Y) answered satisfied and dissatisfied with the service performance of the Security Administering Agency Tarakan City Sosial. Statisfaction whit public services at the Tarakan City Social Security Administering Agency was measured by calculating the satifaction index for the Social Security Administering Agency (IKP) of 58.76% which stated that users were not satisfied with the service of the service of the Tarakan City Social Security Administering Agency. Therefore, theTarakan City Social Security Administering Agency needed to improve service performance. Kywords: Community Statisfaction, Service Quality, Importance Performance Analysis, Public Service

Detail Informasi