Studi Kinerja Ruas Jalan Arteri Terhadap Pengaruh Hambatan Samping Pada Ruas Jalan Yos Sudarso Di Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Studi Kinerja Ruas Jalan Arteri Terhadap Pengaruh Hambatan Samping Pada Ruas Jalan Yos Sudarso Di Kota Tarakan

Studi Kinerja Ruas Jalan Arteri Terhadap Pengaruh Hambatan Samping Pada Ruas Jalan Yos Sudarso Di Kota Tarakan

Pengarang : Kamsiah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Hambatan samping merupakan gangguan terhadap kelancaran arus lalu lintas di suatu ruas jalan, yang dapat menimbulkan konflik dan besar pengaruhnya terhadap arus lalu lintas. Hambatan samping yang berpengaruh pada kapasitas dan kinerja jalan perkotaan adalah pejalan kaki, kendaraan berhenti, kendaraan lambat (sepeda, gerobak, dll) dan kendaraan yang keluar masuk dari lahan disamping jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh hambatan samping terhadap kinerja jalan. Setelah melalui beberapa tahap pengumpulan data dan analisa data menggunakan metode (MKJI 1997), dapat disimpulkan bahwa pengaruh hambatan samping terhadap kinerja jalan Yos Sudarso untuk hubungan antara volume lalu lintas dengan hambatan samping yang memiliki nilai korelasi tertinggi yaitu kendaraan masuk keluar sebesar 0,260 dengan nilai sig. sebesar 0,220 lebih besar dari 0,05, maka kekuatan hubungan antara keduanya tidak signifikan. Sedangkan hubungan kecepatan kendaraan dengan hambatan samping yang memiliki nilai korelasi tertinggi yaitu kendaraan berhenti sebesar 0,495, nilai sig. sebesar 0,014 lebih kecil dari 0,05, maka kekuatan hubungan antara keduanya signifikan. Faktor yang mempengaruhi kinerja ruas jalan Yos Sudarso diketahui adalah hambatan samping yang memiliki nilai tertinggi setelah pembobotan yaitu kendaraan masuk + keluar terjadi pada jam 17.00 – 18.00 sebesar 1.278,90.

Side friction is a towards the flow roadway at an internode road which is able to cause a conflict and has big effect for the activities in roadway. Side frictions which were effected the capacity and pedestrians in city road were pedestrians, transportations which stopped, slow transportations (bicycle, wheelborrow, etc) and transportations which were went in and out from the side internode road. The purpose of this research is to find out the significant effect of side friction toward the road performance. After several stages in collecting the data and data analysis using method (MKJI 1997), it can be concluded that the effect of side friction toward the performance at Yos Sudarso street for the relation between road volume with side friction which has the highest correlation score was transportations which were went in and out at 0,260 with the sig. was 0,220 higher than 0,05, so the ability between both of them was not significant. Meanwhile, the relation of rapidity transportations with side friction which has the highest correlation score was the transportations which stopped at 0,495, sig. was 0,014 lower than 0,05, so the ability from both of relation was significant. The factor that effected the internode performance at Yos Sudarso was the side friction which has the highest score after the transportations which went in and out started at 17.00 – 18.00pm, so the total was 1.278,90.

Detail Informasi