The Teacher Roles In Increasing Twelfth Grade Students' Motivation In Learning English At Madrasah Aliyah Negeri Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of The Teacher Roles In Increasing Twelfth Grade Students' Motivation In Learning English At Madrasah Aliyah Negeri Tarakan

The Teacher Roles In Increasing Twelfth Grade Students' Motivation In Learning English At Madrasah Aliyah Negeri Tarakan

Pengarang : Erni - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan dan masalah yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seorang guru bahasa Inggris yang mengajar di kelas dua belas dan 10 siswa dari jurusan IPA (ilmu pengetahuan alam) dan IPS (ilmu pengetahuan sosial) yang dipilih sebagai sampel dengan menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melakukan semua peran dengan baik meskipun ada satu peran yang kurang dilakukan oleh guru. Guru sebagai demonstrator, pengelola kelas, motivator, mediator, fasilitator, dan evaluator sudah baik dengan melakukan semua informasi yang berkaitan dengan informasi tentang masing-masing peran. Peran guru yang kurang hanya satu yaitu guru sebagai mediator karena guru jarang menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran, guru selalu menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan materi di kelas. Ada tiga masalah yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi siswa yaitu kurangnya minat belajar, kesulitan belajar, dan materi yang sulit dipahami. Kurangnya minat belajar karena siswa merasa malas dan bosan dalam proses pembelajaran, kesulitan dalam belajar karena mereka merasa kesulitan dalam melafalkan kosakata bahasa Inggris dan minimnya kosakata bahasa Inggris, dan yang terakhir materi yang sulit dimengerti karena siswa kurang memahami tata bahasa dan konsep atau topik dari materi.


Kata Kunci: Peran Guru, Motivasi, Pembelajaran Bahasa Inggris

This research aimed to find the teacher roles in increasing students' motivation in learning English at Madrasah Aliyah Negeri Tarakan and the problems that teacher faced in increasing students' motivation. The research method used in this research was qualitative descriptive. The subject of this research was an English teacher who taught in twelfth grade and 10 students from the IPA (natural science) and IPS (social studies) majors were selected as the samples using purposive sampling. The research instruments were observation, interviews, and documents. The technique of data analysis was carried out through data reduction, data display, and conclusions drawing. The findings discovered the teacher roles as a demonstrator, a class manager, a motivator, a mediator, a facilitator, and an evaluator. All roles were conducted properly by doing all the characteristics of each role, although there was one role that the teacher could not maximize because the teacher rarely used learning media in the learning process, the teacher always used the lecture method in explaining the material in the class. There were three problems that the teacher faced in increasing students' motivation: lack of interest in learning, difficulties in learning, and material difficult to understand. Lack of interest in learning because students were feeling lazy and bored in the learning process, difficulties in learning because they felt difficulties in pronouncing English vocabulary and lack of English vocabulary, and the material difficult to understand because students did not understand the grammar and the concept or topic from the material. Keywords: Teacher Roles, Motivation, Learning English

Detail Informasi