Pelaksanaan Etika Konseling, Conveying Relevant Information To The Person Di SMK Negeri 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pelaksanaan Etika Konseling, Conveying Relevant Information To The Person Di SMK Negeri 2 Tarakan

Pelaksanaan Etika Konseling, Conveying Relevant Information To The Person Di SMK Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Eberlie Irang - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pelaksanaan etika konseling, conveying relevant information to the person merupakan layanan yang diberikan guru bimbingan dan konseling kepada siswa atau konseli, dalam pelaksanaan etika konseling guru bimbingan dan konseling memberikan informasi yang relevan terkait layanan konseling yang dilaksanakan dengan tujuan untuk membangun kepercayaan dalam diri konseli terhadap konselor dan layanan konseling yang dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 3 guru bimbingan dan konseling sebagai informan utama. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tentang pelaksanaan etika konseling, conveying relevant to the person Di SMK Negeri 2 Tarakan. Maka dapat disimpulkan pelaksanaan dilakukan melalui beberapa proses yaitu 1) Counselor Oualification; konselor memberikan informasi terkait qualifikasi atau keahlian yang dimiliki untuk membangun hubungan yang baik dan kepercayaan dari konseli 2) Counseling Counsecuenceskoonselor memberikan informasi terkait dampak dan efeksamping dari konseling dan meyakinkan konseli bahwa konselor bertujuan membantu konseli melalui konseling. 3) Time Involved in Counseling konselor memberikan informasi terkait waktu yang diperlukan selama proses layanan konseling dan melakukan kesepakatan waktu dengan konseli agar tidak mengganggu waktu konselor maupun konseli. 4) Alternative to Counseling, konselor memberikan informasi pada konseli bahwa konseling bukan satu-satunya jalan untuk sembuh melainkan motivasi dari diri konseli itu sendiri, dan menjadi fasilitator bagi konseli dalam mengarahkan konseli kepada yang lebih tepat.

Kata Kunci: Etika Konseling, Relevant Information

The implementation of counseling ethics, conveying relevant information to the person is a service provided by guidance and counseling teachers to students or counselees. In the implementation of counseling ethics, guidance and counseling teachers provide relevant information related to counseling services with the aim of building trust in the counselee towards the counselor and the counseling services implemented. This research used a qualitative research type with a descriptive approach. The informants in this study consisted of 3 guidance and counseling teachers as the main informants. Data collection techniques were interviews and documentation. The data analysis techniques were data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Based on the results of research on the implementation of counseling ethics, conveying relevant information to the person at SMK Negeri 2 Tarakan. Therefore, it can be concluded that the implementation was carried out through several processes, namely 1) Counselor Qualification: the counselor provides information related to qualifications or expertise possessed to build good relationships and trust from the counselee; 2) Counseling Consequences: the counselor provides information related to the impact and side effects of counseling and convinces the counselor that the counselor aims to help the counselee through counseling; 3) Time Involved in Counseling: the counselor provides information regarding the time required during the counseling service process and makes a time agreement with the counselee so as not to interfere with the counselor's or counselee's time; 4) Alternative to Counseling: the counselor provided information to the counselee that counseling was not the sole way to heal but the motivation of the counselees themselves, and became a facilitator for the counselee in directing the counselees to more appropriate ones. Keywords: Counseling Ethics, Relevant Information

Detail Informasi