Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Materi Sistem Peredaran Darah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI Di SMAN 2 Nunukan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Materi  Sistem Peredaran Darah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI Di SMAN 2 Nunukan

Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Materi Sistem Peredaran Darah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI Di SMAN 2 Nunukan

Pengarang : Arwindha - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pengembangan media video pembelajaran materi sistem peredaran darah kelas XI SMAN 2 Nunukan sangat dibutuhkan. Media video pembelajaran materi sistem peredaran darah dapat membantu siswa memahami konsep penelitian, bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media video pembelajaran pada materi sistem peredaran darah untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XI SMA N 2 Nunukan. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE menggunakan 3 tahapan yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Nunukan yang beralamatkan di Jl. A. Yani No.53, RT.05, Nunukan Tengah, Kec. Nunukan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara 77482. Waktu penelitian yaitu pada tahun ajaran 2022/2023.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI terdiri dari 36 siswa yaitu 15 orang siswa perempuan dan 21 orang siswa laki-laki. Hasil penelitian validitas materi diperoleh nilai total skor 54 dan prsentase validitas 90% dengan kriteria sangat valid. Kemudian analisis diperoleh nilai total skor 64 dan prsentase validitas 80% dengan kriteria valid. Serta respon siswa skor siswa rata-rata keseluruhan adalah 3,06 dan presentase kelayakan 76,5% dengan kriteria praktis. Hal ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran dengan meningkatkan pemahaman konsep layak digunakan dalam pembelajaran. Penggunaan media video pembelajaran dengan menggunakan meningkatkan pemahaman konsep dalam pembelajaran dan terbukti meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata tuntas sebesar 89,5.

Kata Kunci : Media Video, Biologi, Pemahaman Konsep

Students of the class need the development of video as learning media for circulatory system material XI SMAN 2 Nunukan. Video as learning media on the circulatory system can help students understand learning concepts. This type of research was Research and Development (R&D ). The development model used in this research is the ADDIE development model, which uses three stages: analysis, design, and development. This research was conducted at SMAN 2 Nunukan. The subjects of this study were class XI students consisting of 36 students, namely 15 famele students and 21 male students. This study aims to develop a video as a learning media for students XI SMAN 2 Nunukan. The following data was produced based on the study’s results on the validaty and practicality of learning videos. The results of material validity obtained a total score of 54, and a validity percentage was 90% with very valid criteria. Then, the media analysis obtained a score of 64, and the validity percentage was 80% with valid criteria. As well as student responses, the overall average student score was 3.06, and the percentage of feasibility was 76.5% with practical criteria. This showed that video as learning media on circulatory system material was feasible for learning. Based the results of product trials, this learning video can improve understanding of concepts in learning and improve studen learning outcomes. This can be seen fro the average student’s score of 89.5, reaching the KKM score for the subject. Keywords: Video Media, Biology, Understanding Concepts

Detail Informasi