
Motivasi Belajar Siswa Berprestasi Di SMA Negeri 1 Tanjung Palas Timur
Pengarang : Ferdiansyah Pratama - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Motivasi beajar siswa sangat memberikan pengaruh yang cukup signifikan dalam proses belajar, termasuk dalam hal pencapaian prestasi yang merupakan salah satu tujuan dari belajar itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran motivasi belajar siswa berprestasi. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang mendeskripsikan fenomena yang ada dengan menjelaskan dan menggambarkan keadaan yang terjadi dalam proses penelitian melalui pemaparan kata-kata. Dengan populasi sasaran yaitu seluruh siswa SMA Negeri 1 Tanjung Palas Timur yang berjumlah 196 siswa. dimana dari keseluruhan siswa dipilih secara purposive sampling oleh peneliti berdasarkan latar belakang permasalahan yang diteliti, sehingga jumlah sample pada penelitian ini adalah 4 siswa. Pengolahan data menggunakan teknik analisis deskriptif dimana menggunakan model analisis menurut Miles dan Huberman yang terdiri reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dengan demikian ditemukan gambaran motivasi belajar siswa berprestasi di SMA Negeri 1 Tanjung Palas Timur yaitu adanya keinginan siswa untuk menjadi lulusan terbaik dengan mencetak prestasi di berbagai bidang, adanya keinginan siswa dalam belajar meskipun dengan padatnya jadwal kegiatan yang ada di sekolah, memiliki cita-cita yang bervariatif sesuai dengan keinginan mereka masing-masing dan adanya usaha untuk mencapainya, adanya pemberian reward bagi siswa berprestasi, meskipun di aspek menciptakan kegiatan yang menarik dan suasana kelas yang kondusif cenderung tidak siswa dapatkan ketika proses belajar di sekolah. Akan tetapi hal ini tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap pencapaian prestasi siswa.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Berprestasi
The motivation of students greatly influences their learning process and eventual achievements, which are fundamental goals of education. This study aimed to explore and describe the learning motivation of high-achieving students. Employing a qualitative research approach, the study focused on students from SMA Negeri 1 Tanjung Palas Timur, with a total population of 196 students. Sample selection utilized a purposive sampling technique, where four students were selected based on the relevance to the research problem. Data analysis followed Miles and Huberman’s descriptive analysis technique, consisting of data reduction, presentation, and conclusion drawing. The findings reveal characteristics of learning motivation among high-achieving students at SMA Negeri 1 Tanjung Palas Timur. These included a strong desire to excel and become the best graduate across various fields; a commitment to learning despite busy school schedules; having diverse individual goals pursued with vigor, and efforts undertaken to attain them; the provision of rewards for high-achieving students, although interesting activities and condusive classroom atmospheres were minimal. However, this did not have a significant effect on student achievement. Keywords: Learning Motivation, Achievement