Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Boarding School Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Boarding School Tarakan

Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Boarding School Tarakan

Pengarang : Hardhifa Abdi Nur Anugerah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Bimbingan kelompok membuat siswa dapat saling bertukar informasi, dan membahas masalah pribadi sehingga dapat di selesaikan melalui bimbingan kelompok sehingga bimbingan kelompok sangat cocok dalam meningkatkan percaya diri siswa. Banyak teknik yang digunakan dalam melakukan bimbingan kelompok. Salah satu teknik tersebut dengan cara teknik role playing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap kepercayaan diri siswa kelas VIII Muhammadiyah Boarding school Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental designs dengan desain one group pre-post test design. Dengan teknik pengumpulan data yaitu instrumen penelitian, prosedur penelitian, uji validitas dan uji reliabilitas. Populasi penelitian sebanyak 40 siswa dan pengambilan sampel penelitian menggunakan purposive sampling, yaitu sebanyak 10 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial dengan uji wilcoxon two related samples test dengan menggunakan SPSS 29.0 for windows. Menggunakan dua teknik analisis data yaitu teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis inferensial. Hasil teknik analisis deskriptif yaitu terdapat perubahan tingkat kepercayaan diri siswa AH, AI, FL, dan ID dari kategori sedang menjadi sangat tinggi. Perubahan tingkat kepercayaan diri siswa AT, DA, dan FI dari kategori rendah menjadi sangat tinggi. Perubahan tingkat kepercayaan diri siswa AN, AZ, dan NB dari dari kategori sedang menjadi tinggi. Hasil teknik analisis inferensial yang diperoleh berdasarkan uji wilcoxon sebesar 0,005 lebih kecil dari taraf signifikansi yaitu α (0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa asymp sig = 0,005 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap kepercaya diri siswa.

Kata Kunci: Teknik Role Playing, Kepercayaan Diri

Group guidance allows students to exchange information, discuss personal problems so that these problems can be resolved, and is very suitable in increasing student confidence. Many techniques are used in conducting group guidance. One of these techniques is role playing. The purpose of this study was to determine the effect of group guidance services with role playing techniques on the eighth graders' self-confidence at Muhammadiyah Boarding school Tarakan. This research utilized pre-experimental designs with a one group pre-post test design Data collection techniques were research instruments, research procedures, validity tests and reliability tests. The study population was 40 students and research sampling using purposive sampling, which involved 10 students. Data analysis techniques in this study were descriptive and inferential analysis techniques with the Wilcoxon two related samples test using SPSS 29.0 for windows. By using two data analysis techniques, the results of descriptive analysis techniques indicate changes in the level of self-confidence of AH, Al, FL, and ID from moderate to very high categories. Changes in the level of self-confidence of AT, DA, and Fl from the low category to very high. The level of self-confidence of AN, AZ, and NB also changed from moderate to high categories. The inferential analysis with Wilcoxon test revealed a result of 0.005, which was smaller than the significance level a (0.05). Therefore, it can be concluded that asymp sig. = 0.005 < 0.05 then Ho was rejected whereas Ha was accepted indicating that there was an etTect of group guidance services with role playing techniques on student confidence. Keywords: Role Playing Technique, Self-Confidence

Detail Informasi