
Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di SMP Negeri 8 Tarakan
Pengarang : Rindiani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari bimbingan kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan kedisplinan siswa di SMP Negeri 8 Tarakan. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan experiment dan desain penelitian one group pretest-posttest. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan populasi sebanyak 30 siswa dan sampel berjumlah 8 orang siswa kelas VIII 6. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa skala likert tentang kedisiplinan siswa. Berdasarkan dari hasil penelitian ini diperoleh nilai sebesar 0.000 ˂ 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh penggunaan bimbingan kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 8 Tarakan.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Modelling, Kedisiplinan Siswa
This study aims to investigate the impact of group guidance utilising modelling methodologies on student discipline at SMP Negeri 8 Tarakan. This study is quantitative and employs an experimental approach with a one-group pretestposttest research design. The sampling method used was purposive sampling, selecting 8 out of 30 pupils from class VIII-6. The data-gathering tool employs a Likert scale to assess student discipline. The research findings indicated that group counselling utilising modelling approaches had a substantial impact on students' discipline, with a p-value of less than 0.001. This led to the rejection of the null hypothesis (Ho) and the acceptance of the altemative hypothesis (Ha). The study showed that students' discipline improved after participating in group counselling with the modelling technique at SMP Negeri 8 Tarakan. Keywords: Group Guidance, Modeling Techniques, Student Discipline