
Synpho (Synthetic Phonics) On Students’ Pronunciation: Its’ Effectiveness And Students’ Perception
Pengarang : Nurul Aisyah Syuhadah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode fonik sintetik terhadap cara mengucapkan atau melafalkan suatu kosa kata dalam bahasa Inggris dan persepsi siswa terhadap penggunaan metode fonik sintetik dalam pembelajaran cara mengucapkan atau melafalkan suatu kosa kata dalam bahasa Inggris. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dan penulis menggunakan dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu VII -8 sebagai kelas eksperimen dan VII - 9 sebagai kelas kontrol yang berjumlah masing-masing 30 siswa di SMPN 9 Tarakan. Data dianalisa menggunakan T-tes. Hasil analisa data menunjukkan bahwa hasil penelitian di kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan, nilai rata-rata siswa adalah 61,03 dan setelah diberikan perlakuan, terdapat peningkatan yang signifikan terhadap nilai rata-rata siswa yaitu 84,36 di banding di kelas kontrol sebelum diberi perlakuan, nilai rata-rata siswa adalah 64,50 dan setelah diberikan perlakuan, tidak terdapat peningkatan yang signifikan terhadap nilai rata-rata siswa yaitu 65,43. Komponen lain yang diteliti dalam penelitian ini adalah persepsi, yang mana persepsi sangat penting dalam fonetik sintetik karena mempengaruhi cara setiap pelajar mengalami dan mencapai tujuan mereka. Data menunjukkan persepsi siswa terhadap penggunaan metode Synthetic Phonics dalam proses pembelajaran di SMPN 09 Tarakan termasuk dalam kategori ‘positif’ dengan persentase 85%. Dapat dikatakan bahwa metode fonik sintetik memberikan kemajuan yang signifikan terhadap penguasaan pelafalan kata siswa. Penelitian ini berimplikasi pada pengintegrasian metode dalam pembelajaran bahasa Inggris dan penggunaan metode fonik sintetik memberikan dampak positif terhadap pengajaran pronunciation.
Kata kunci : Metode Fonik Sintetik , Pengucapan, Persepsi
This research aims to determine the effectiveness of synthetic phonics method in learning how to pronounce or pronounce vocabulary in English and students’ perception of using the synthetic phonics method in learning how to pronounce vocabulary in English. This type of research was quasi – experimental with a quantitative approach. In this research, purposive sampling was carried out, and the author used two classes as research sample, namely VII – 8 as the experimental class and VII – 9 as the control class, totaling 30 students each at SMPN 9 Tarakan. Data were analyzed using T – test. The results of the data analysis described that the research result in the experimental class before the students were given treatment illustrated that the average score was 61.03. After receiving treatment, there was a significant increase in the average score of students 84.36; compared to the control class before treatment, the students’ average score was 64.50, and after being given treatment, there was no significant increase in the average score; 65.43. Another component examined in this research was perception, which was very important in synthetic phonics because it influenced how each learner experienced and achieved their goals. Data demonstrated that students’ perceptions of using the Synthetic Phonics method in learning process at SMPN 09 Tarakan were in the ‘positive’ category with a percentage of 85%. The synthetic phonics method provided significant progress toward students’ mastery of word pronunciation. This research has implications for integrating methods in English language learning, and the use of synthetic phonics methods has a positive impact on pronunciation teaching. Keywords: Synthetic Phonics method, pronunciation, perception