
Pengaruh Gaya Belajar Dan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 1 Sebatik
Pengarang : Nirwana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Gaya belajar dan media pembelajaran merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran, oleh karena itu keduanya harus menjadi perhatian bagi tenaga pendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah gaya belajar dan media pembelajaran multimedia interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 1 pada pembelajaran biologi. Metode penenlitian yang digunakan adalah Quasi Ekperiment dengan desain The Non-Equivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Sebatik kelas XI Tahun Ajaran 2023/2024 dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 72 siswa yang diambil dengan Teknik Sampling Purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner gaya belajar, tes hasil belajar berupa Pre-test dan Post-test, dan lembar wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistk inferensial dengan bantuan apalikasi SPSS 26. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan analisis kovarian, diperoleh (1) nilai P-value gaya belajar = 0,621, hasil tersebut jika dibandingkan dengan nilai signifikansi 0,005 maka 0,621 > 0,05. (2) nilai P-value media pembelajaran = 0,016 maka 0,016 < 0,05. dan (3) nilai P- value interaksi antara gaya belajar dan media pembelajaran = 0,514 maka 0,514 > 0,05. Hipotesis dari penelitian ini (1) tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar Post-test berdasarkan gaya belajar mengacu pada kovarian hasil belajar pre-test. (2) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar Post-test berdasarkan penggunaan media pembelajaran mengacu pada kovarian hasil belajar pre-test. (3) tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar Post-test berdasarkan interaksi gaya belajar dan penggunaan media pembelajaran mengacu pada kovarian hasil belajar pre-test. Dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini media pembelajaran berkontribusi terhadap hasil belajar biologi.
Kata Kunci : Gaya Belajar, Media Pembelajaran, Hasil Belajar
Teachers need to be concerned about both learning styles and learning media since they are significant components of the learning process. The purpose of this study was to demonstrate whether interactive multimedia learning materials and learning styles affected the biology learning outcomes of students at SMA Negeri 1 Sebatik The research method employed was a Quasi Experiment with a Non-Equivalent Control Group design. The population in this study were students of SMA Negeri 1 Sebatik class XI Academic Year 2023/2024 and the sample in this study was 72 students which was chosen through purposive sampling. The data collection technique in this research was using a learning style questionnaire, learning outcomes tests in the form of Pre-test and Post-test, and interview sheets. The data analysis technique used was descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis with the SPSS 26 application. Based on the results of hypothesis testing using covariance analysis, obtained (1) learning style P-value = 0.621, this result when compared with a significance value of 0.05 then 0.6210.05. (2) P-value of learning media 0.016 then 0.016 < 0.05, and (3) the P-value of the interaction between learning styles and learning media 0.514 then 0.514 0.05. The hypothesis of this research was (1) there was no difference in average post-test learning outcomes based on learning style referring to the covariance of pre-test learning outcomes. (2) There were differences in the average post-test learning outcomes based on the use of learning media referring to the covariance of pre-test learning outcomes. (3) There was no difference in the average post-test learning outcomes based on the interaction of learning styles and used of learning media referring to the covariance of pre-test learning outcomes. It can be concluded that in this research learning media contributed to biology learning outcomes. Keywords: Learning Style, Learning Media, Learning Outcomes