
Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Malinau Utara
Pengarang : Asmia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video animasi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 4 Malinau Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan Quasi Experimental Design dengan bentuk, desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel mengunakan teknik Sampling Jenuh. Penelitian ini menggunakan dua kelompok kelas VII-A dengan jumlah 18 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B berjumlah 16 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan video animasi terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai thitung sebesar 5.438 dan nilai ttabel sebesar = 1,693 sehingga Ha diterima Ho ditolak. Yang berarti terdapat pengaruh penggunaan video animasi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 4 Malinau Utara.
Kata Kunci : Video Animasi, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar Kognitif.
This research aims to determine the effect of using animation videos on the science learning outcomes of class VII students at SMP Negeri 4 North Malinau. The type of research used is quantitative research with the Quasi-Experimental Design with the research design used in the form of a Nonequivalen Control Group Design. The Sampling used Saturated Sampling techniques. This research used two groups of class VII-A with a total of 18 students as the experimental class and class VII-B with 16 students as the control class. The data collection techniques used test instruments while the data analysis technique used the t-test. The results of the research show that there is an effect of using animation videos on stundents’ cognitive learning outcomes. This can be seen from the results value of the tcount of 5.438 and ttable =1.693 so that Ha is accepted, Ho is rejected. This means that there is an influence of using animation videos on the science learning outcomes of class VII students at SMP Negeri 4 North Malinau. Keywords: Animation Video, Science Learning, Cognitive Learning Outcomes.