
Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Di SMA Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Mellisa Yuniarti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa. Kejenuhan belajar adalah kondisi fisik dan emosional seseorang yang mengalami kelelahan atau keletihan sehingga merasakan kebosanan dan tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas belajar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tarakan. Informan penelitian ini adalah satu orang guru bimbingan dan konseling dan informan pendukung yaitu satu siswa kelas XI yang pernah mendapatkan layanan BK terkait masalah kejenuhan belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari wawancara dan dokumentasi. Triangulasi data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Berdasarkan hasil wawancara dan dokumentasi yang dilakukan, diketahui bahwa guru bimbingan dan konseling telah berperan dengan melakukan pemberian layanan konseling individual dengan tujuan untuk meningkatkan minat belajar serta motivasi belajar siswa yang mengalami kejenuhan belajar. Setelah pemberian layanan konseling, guru bimbingan dan konseling melakukan evaluasi terhadap perubahan yang dialami siswa.
Kata Kunci: Peran Guru BK, Kejenuhan Belajar
This research aims to determine the role of guidance and counseling teachers in reducing student learning boredom. Learning burnout is the physical and emotional condition of a person who experiences tiredness or exhaustion so that they feel bored and are not enthusiastic about learning activities. This type of research is descriptive qualitative research. This research was carried out at SMA Negeri 2 Tarakan. The informant for this research was one guidance and counseling teacher and the supporting informant, was one class XI student who had received guidance and counseling services related to the problem of learning boredom. Data collection techniques in this research consisted of interviews and documentation. The data triangulation used is source triangulation. Based on the results of interviews and documentation, it is known that guidance and counseling teachers have played a role by providing individual counseling services to increase interest in learning and learning motivation for students who experience learning boredom. After providing counseling services, the guidance and counseling teacher evaluates the changes experienced by students. Keywords: Role of Guidance and Guidance Teachers, Learning Burnout