
Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Di SMP Negeri 1 Tarakan
Pengarang : Juliantono - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang dilakukan guru Matematika di SMP Negeri 1 Tarakan dalam meningkatkan kemampuan literasi Matematika siswa. Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan, yaitu: menyiapkan semua data yang telah dikumpulkan, membaca dan memahami data yang telah dikumpulkan, membuat kode pada data yang telah dikumpulkan, mendeskripsikan tema yang sudah dibuat melalui data yang telah dikumpulkan, menginterpretasi tema dan deskripsi tersebut, kemudian menarik kesimpulan. Berdasarkan analisis data, temuan tentang bagaimana strategi guru dalam meningkatkan literasi matematika siswa, yaitu: melakukan pembiasaan literasi, menyajikan soal literasi dalam bentuk yang bervariatif, melakukan tes kemampuan, melakukan bimbingan secara rutin, melatih siswa dalam membuat kesimpulan, memanfaatkan sarana dan prasarana.
Kata Kunci: Strategi Guru, Kemampuan, Literasi Matematika
This research aims to describe the strategies used by Mathematics teacher in SMP Negeri 1 Tarakan in improving students’ mathematical literacy skills. The type of research This research is qualitative with a case study approach. The data collection techniques were observation, and documentation. Data analysis that conducted, namely: preparing all the data that has been collected, reading and data that has been collected, reading and understanding the data that has been collected, making codes on the data that has been collected, describing the themes that have been made through the data that has been collected, interpreting the themes and descriptions, then withdrawing the data, interpreting the themes and description, then drawing conclusions. Based on data analysis, the findings on how the teachers can improve students’ mathematical literacy that teachers implement the following strategies as follows, namely: doing literacy habituation, presenting literacy questions in varied forms, conducting ability tests, conducting regular guidance, training students to make conclusion, utilizing facilities and infrastructure. Keywords: Teacher Strategies, Ability, Mathematical Literacy