Penerapan Media Pembelajaran Kantong Ajaib Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I-A Di SDN 035 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Media Pembelajaran Kantong Ajaib Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I-A Di SDN 035 Tarakan

Penerapan Media Pembelajaran Kantong Ajaib Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I-A Di SDN 035 Tarakan

Pengarang : Krismayanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa dengan menerapkan media Kantong Ajaib. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran 2022/2023 dengan subjek penelitian kelas I-A Yang terdiri dari 28 siswa. penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan prosedur siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan media Kantong Ajaib dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I-A di SDN 035 Tarakan. Pada siklus I hasil tes kemampuan membaca permulaan siswa diperoleh nilai sebesar 75% siswa yang tuntas dari jumlah keseluruhan. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa mencapai nilai sebesar 89% siswa yang tuntas dari hasil tes. Adapun hasil tes kemampuan membaca permulaan siswa telah mencapai indikator keberhasilan sehingga penelitian ini dikatakan berhasil dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I-A di SDN 035 Tarakan.

Kata Kunci: Media Kantong Ajaib, Kemampuan Membaca Permulaan, dan Hasil Belajar

This research aims to improve students' early reading skills by applying the Magic Pocket media. This type of research uses classroom action research in 2022/2023 with class I-A research subjects consisting of 28 students. This research was carried out in 2 cycles with cyclical procedures they are planning, implementation, observation, and reflection. The results of this research show that the application of the Magic Pocket media can improve the early reading skills of class I-A students at SDN 035 Tarakan. In the first cycle, the results of the students' early reading skill test obtained a score of 75% of students who completed the total number of students. Then, in cycle II there was an increase in students' early reading skills, reaching a score of 89% of students who completed the test results. The results of the students' early reading skill test have reached indicators of success so this research can be said to be successful in improving the early reading skill of class I- A students at SDN 035 Tarakan. Keywords: Magic Pocket Media, Early Reading Skill, and Learning Results

Detail Informasi