Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Padaw Tuju Dulung Di Kelas 2 SDN Utama 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Padaw Tuju Dulung Di Kelas 2 SDN Utama 1 Tarakan

Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Padaw Tuju Dulung Di Kelas 2 SDN Utama 1 Tarakan

Pengarang : Ramna - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika padaw tuju dulung yang ditinjau dari validitas media, materi, dan praktisi serta untuk mengetahui ketertarikan siswa terhadap modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika padaw tuju dulung. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Adapun prosedur pengembangan yang digunakan pada penelitian ini ialah model 4G yang terdiri dari 4 tahapan yakni define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Kelayakan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika padaw tuju dulung ditinjau berdasarkan hasil validasi ahli diantaranya meliputi validasi ahli materi dengan persentase sebesar 82,35% validasi ahli media dengan persentase sebesar 96% dan validasi ahli praktisi dengan persentase sebesar 100%. Berdasarkan hasil persentase tersebut menunjukkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika padaw tuju dulung sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika pada materi bangun datar dan bangun ruang tema 4 di kelas 2. Adapun uji coba yang dilakukan meliputi uji coba terbatas dengan memperoleh hasil persentase sebesar 96% dan uji coba secara luas dengan perentase sebesar 99,5%. Persentase tersebut menunjukkan bahwa siswa sangat tertarik terhadap modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika padaw tuju dulung. Adapun hasil disseminate yang diperoleh ialah modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika padaw tuju dulung menarik, kreatif dan mudah dimengerti.

Kata Kunci: Pengembangan, Etnomatematika, Modul Pembelajaran, Modul Pembelajaran Matematika, Padaw Tuju Dulung

This research aimed to produce learning media in the form of ethnomathematics- based mathematics learning modules in Padaw tuju dulung in terms of the validity of the media, materials and practitioners, as well as to determine students' interest in ethnomathematics-based mathematics learning modules in Padaw tuju dulung. This research was research and development. The development procedure applied was the 4G model, which consisted of 4 stages: define, design, develop, and disseminate. The feasibility of an ethnomathematics-based mathematics learning module Padaw tuju dulung was reviewed through expert validation, including material expert validation with a percentage of 82.35%, media expert validation with a percentage of 96% and practitioner expert validation with a percentage of 100%. The percentage results explained that the mathematics learning module based on ethnomathematics in Padaw tuju dulung was appropriate for the mathematics learning process on flat shapes and space structures theme 4 in class 2. The tryout included limited problems with a percentage result of 96% and extensive tests with a percentage of 99.5%. This percentage indicated students were interested in the ethnomathematics-based mathematics learning module Padaw tuju dulung. The disseminated results found the mathematics learning module based on ethnomathematics was engaging, creative and comprehensive. Keywords: Development, Ethnomathematics, Learning Modules, Mathematics Learning Modules, Dadaw Tuju Dulung

Detail Informasi