
The Effect Of Digital Storytelling On Students' Speaking Skill At The Eighth Grade Students Of SMPN 3 Tanjung Palas
Pengarang : Desyanti Natalin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan dari digital storytelling terhadap kemampuan berbicara siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi-experimental. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Tanjung Palas, yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah totalsampel 32 siswa, dengan masing masing kelas terdiri dari 16 siswa. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan metode digital storytelling, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode storytelling konvensional. Data dianalisis secara statistik menggunakan independent sample t-test. Dari analisis data, diperoleh hasil nilai 0,007 lebih kecil dari 0,05 yang berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara siswa yang diajar dengan digital storytelling lebih meningkat daripada siswa yang diajar dengan metode storytelling konvensional. Temuan ini menunjukkan bahwa digital storytelling dapat menjadi alat pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Guru dapat memanfaatkan penelitian ini untuk merancang strategi pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif yang menggabungkan teknologi mendongeng dalam proses pendidikan.
Kata kunci: Digital Storytelling, Keterampilan Berbicara, Media Pembelajaran
The purpose of this research was to determine the significant effect of digital storytelling on students' speaking skill. The method employed in this research was a quasi-experimental method. The sample for this research was class VIII students at SMP Negeri 3 Tanjung Palas, which were divided into experimental class and control class with a total sample of 32 students, with each class consisting of 16 students. The experimental class was taught using digital storytelling method, while the control class used conventional storytelling method. Data was analyzed statistically using the independent sample t-test. From data analysis, the value obtained was 0.007, which was smaller than 0.05, which means the alternative hypothesis (Ha) was accepted and the null hypothesis (Ho) was rejected. Therefore, it can be concluded that the speaking skills of the students taught using digital storytelling methods were significantly improved than the students taught using conventional storytelling methods. These findings indicated that digital storytelling can be an effective learning tool for improving students' speaking skills. Teachers can utilize this research to design more interesting and interactive learning strategies that incorporate storytelling technology in the educational process. Keywords: Digital Storytelling, Speaking Skill, Learning Media