Analisis Penerapan Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Oleh Guru SMA Negeri Di Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Penerapan Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Oleh Guru SMA Negeri Di Kota Tarakan

Analisis Penerapan Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Oleh Guru SMA Negeri Di Kota Tarakan

Pengarang : Khusnul Khatimah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pembelajaran literasi sains sangat penting bagi peserta didik untuk dapat mengaplikasikan sains dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini penting untuk dilakukan mengingat pentingnya peran guru dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran berbasis literasi sains yang dilakukan oleh guru SMA Negeri di Kota Tarakan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yaitu tujuh guru Biologi SMA Negeri di Kota Tarakan dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh berdasarkan hasil angket dan wawancara. Hasil penelitian pada aspek pengetahuan ilmiah menunjukkan bahwa semua guru dapat membedakan istilah dalam pembelajaran literasi sains dan pada aspek keterampilan proses intelektual dalam indikator menghasilkan prinsip melalui induksi menunjukkan semua guru dapat menjelaskan fenomena hasil pengamatan, dalam indikator mengidentifikasi dan mengontrol variabel menunjukkan bahwa dua orang guru mengalami kendala dalam mengidentifikasi dan mengontrol variabel dan lima guru lainnya dapat mengidentifikasi dan mengontrol variabel, dalam indikator mengkontruksi grafik dan menemukan hubungan menunjukkan bahwa semua dapat mentransformasikan data ke dalam bentuk tabel/grafik, dalam indikator mendesain dan memimpin investigasi menunjukan bahwa tiga orang guru tidak mendesain sendiri, tiga guru lainnya mendesain sendiri dan satu guru lainnya kadang mendesain sendiri dan kadang tidak mendesain sendiri langkah-langkah praktikum, pada indikator menggunakan teknologi dan kepastian dalam investigasi menunjukkan bahwa satu orang guru tidak memanfaatkan peralatan laboratorium dan teknologi dan enam guru lainnya memanfaatkan peralatan dan teknologi dalam melakukan pengamatan serta dalam indikator penarikan kesimpulan dari fakta-fakta menunjukkan bahwa semua guru membuat kesimpulan berdasarkan fakta-fakta yang diperoleh dari hasil pengamatan.

Kata Kunci: Literasi Sains, Penerapan, Guru, Pendekatan Kualitatif

Science literacy learning is very important for students to be able to apply science in everyday life. This study aims to analyses the application of science literacy-based learning by state school teachers in Tarakan City. The research method used qualitative with a descriptive approach. The research subjects were seven state high school of Biology teachers with sampling using purposive sampling technique. Data obtained based on the results of questionnaires and interviews. The results of the research on aspects of scientific knowledge showed that all teachers can distinguish terms in science literacy learning and on aspects of skills, intellectual processes in indicators of generating principles through induction showed all teachers could explain the phenomenon of observation. On the indicator of identifying and controlling variables showed that two teachers experienced problems in identifying and controlling variables and five other teachers could identify and control variables. The indicator of constructing graphs and finding relationships, it showed that all can transform data into tables/graphs, in the indicator of designing and leading investigations, it showed that three teachers did not design themselves, three other teachers design themselves and one other teacher sometimes designs himself and sometimes, they did not design themselves the steps of the practicum, in the indicator of using technology. The results also showed that one teacher did not utilize laboratory equipment and technology and six other teachers utilized equipment and technology in making observations and in the indicator of drawing conclusions from the facts showed that all teachers made conclusions based on facts obtained from observations. Keywords: Science Literacy, Application, Teachers, Qualitative Approach

Detail Informasi