
The Implementation Of Escymo Activity On Students' Speaking Skill At English Department Of Borneo Tarakan University
Pengarang : Andi Mery - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan hasil persepsi mahasiswa terhadap Escymo dalam kegiatan berbicara dan implementasi kegiatan Escymo dalam Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Borneo Tarakan, dengan menggunakan metode campuran. Peneliti memilih 55 mahasiswa dari kelas Al dan A2, dan menggunakan kuesioner, wawancara, dan tes berbicara sebagai instrumen penelitian. Data kualitatif dianalisis dalam tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Hasil kuesioner siswa menunjukkan bahwa 60% siswa termotivasi oleh kegiatan Escymo untuk belajar bahasa Inggris, 70,9% lebih menyukai Escymo untuk latihan berbicara, 69,1% merasa lebih mudah secara psikologis untuk berlatih bahasa Inggris dengan Escymo, 61,8% merasa bahwa Escymo mendorong mereka untuk menggunakan bahasa Inggris lebih sering, dan 70,9% merasa bahwa Escymo membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Selain itu, 65,5% percaya bahwa kegiatan Escymo dapat meningkatkan kefasihan, kosakata, pengucapan, dan kompetensi tata bahasa dalam Bahasa Inggris. Pelaksanaan kegiatan Escymo berdampak positif pada kemampuan siswa, dengan peningkatan yang nyata dalam kosakata, tata bahasa, kefasihan, pemahaman, dan kepercayaan diri. Escymo memberikan kesempatan kepada para siswa untuk berlatih bahasa Inggris dalam suasana yang santai dan informal, sehingga meningkatkan kemampuan bersosialisasi mereka. Kegiatan dibagi menjadi tiga tahap: pra-kegiatan, kegiatan inti, dan pasca-kegiatan, dengan pra-kegiatan yang berfungsi sebagai pemanasan dan sesi curah pendapat, kegiatan inti yang berfokus pada materi pengajaran dan berlatih berbicara, dan pasca-kegiatan yang mengevaluasi kinerja siswa dan memberikan motivasi. Keberhasilan pelaksanaan kegiatan Escymo dibuktikan dengan respon positif dari para siswa.
Kata Kunci: Persepsi siswa, kemampuan berbicara, Escymo
This research describes the results of student perceptions of Escymo in speaking activities and the implementation of Escymo activities in English Language Education at Borneo Tarakan University, using a mixed method. The researcher selected 55 students from classes Al and A2, and used questionnaires, interviews, and speaking tests as research instruments. Qualitative data was analyzed in three phases: data reduction, data presentation, and conclusion verification. The results of the student questionnaire showed that 60% of students were motivated by Escymo activities to learn English, 70.9% preferred Escymo for speaking practice, 69.1% found it psychologically easier to practice English with Escymo, 61.8% felt it encouraged them to use English more often, and 70.9% found it helped improve their English language skills. Additionally, 65.5% believed that Escymo activities could enhance fluency, vocabulary, pronunciation, and grammar competence in English. The implementation of Escymo activities positively impacted students' abilities, with noticeable improvements in vocabulary, grammar, fluency, comprehension, and confidence. Escymo provided students with opportunities to practice English in a relaxed and informal atmosphere, enhancing their socializing abilities. The activities were divided into three stages: pre-activities, core activities, and post-activities, with pre-activities serving as warm-ups and brainstorming sessions, core activities focusing on teaching material and practicing speaking, and post-activities evaluating student performance and providing motivation. The successful implementation of Escymo activities was evidenced by the positive responses from students. Keywords: Student perception, speaking skills, Escymo