
An Analysis Of Students' Writing Problems In English Paragraph Writing At Eighth Grade Of SMPN 5 Tarakan
Pengarang : Yusri - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan masalah siswa dalammenulis paragraf deskriptif dan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dihadapi siswa kelas delapan dalam menulis paragraf. Dengan menggunakan desain penelitianmetode campuran, penelitian ini mengintegrasikan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk mengumpulkan dan menganalisis data untuk menyampaikan hasilpenelitian. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes menulis, kuesioner, dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas delapan SMPN 5 Tarakandengan total 251 siswa dan sampel penelitian ini adalah 31 siswa yang diambil dari delapan kelas dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisismenunjukkan bahwa para siswa menghadapi masalah dalam menulis di lima aspek utama: isi organisasi, kosakata, tata bahasa, dan mekanik. Tata bahasa muncul sebagai masalah yang paling menonjol, mempengaruhi 74,2% siswa, terutama karena kurangnya pemahaman tentang aturan tata bahasa dan kesulitan dalam memilih bentukkata yang tepat. Kemudian, masalah mekanik dialami oleh 61,3% siswa, sementara masalah kosakata, organisasi, dan masalah yang berkaitan dengan konten masing-masing mempengaruhi 45,2%, 41,9%, dan 9,7% siswa. Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap masalah-masalah ini terdiri dari kurangnya motivasi untuk belajar, waktu yang tidak mencukupi, kesempatan latihan yang terbatas, dan umpan balik yang tidak memadai dari guru.
Kata kunci: Menulis, Masalah Menulis, Paragraf Deskriptif
The present study aimed to describe the students' problems in writing descriptive paragraph and to identify the factors faced by the eighth-grade students in writing paragraph. Employing a mixed-method research design, the study integrated both qualitative and quantitative approaches to gather and analyze data to convey the results of the study. Data were collected using a writing test, a questionnaire, and an interview. The population was the eighth-grade students of SMPN 5 Tarakan with a total of 251 students and the sample was 31 students taken from the eight classes using a purposive sampling technique. Analysis revealed that the students faced problems in writing across five key aspects: content, organization, vocabulary, grammar, and mechanics. Grammar emerged as the most prominent issue, affecting 74.2% of students, primarily due to a lack of understanding of grammatical rules and difficulties in selecting appropriate tenses. Then, mechanical problems were experienced by 61.3% of students, while vocabulary, organizational, and content-related problems affected 45.2%, 41.9%, and 9.7% of students, respectively. Factors contributing to these problems comprised a lack of motivation to learn, insufficient time, limited practice opportunities, and inadequate feedback from teachers. Keywords: Writing, Writing Problems, Descriptive Paragraph