
Penerapan Blended Learning Melalui Google Classroom Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Sebatik
Pengarang : Nurfasira - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar dan hasil belajar siswa pada penerapan blended learning melalui google classroom siswa kelas X SMAN 1 Sebatik. Metode Pre-Eksperimental yaitu desain penelitian One Sample Case Study. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XD SMAN 1 Sebatik dengan penentuan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Data diperoleh dari kuesioner minat belajar dan tes hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui minat dan hasil belajar pada penerapan blended learning melalui google classroom. Hasil penelitian pada minat belajar siswa berkategori tinggi dengan rata-rata 70,98 dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Adapun pencapaian indikator perasaan senang 70,66%, ketertarikan 73,31%, perhatian siswa 72,98%, dan keterlibatan siswa 66,9%. Hasil belajar siswa pada uji one sampel t-test diperoleh thitung 0,083 dengan df = 34 diperoleh ttabel 1,691 sehingga thitung < ttabel maka Ho diterima. Hasil belajar berkategori baik dengan rata-rata hasil belajar siswa 72,17 sehingga mencapai nilai KKM yaitu 72 namun, tidak menunjukkan peningkatan hasil belajar dan terdapat 40% siswa tidak tuntas. Hal tersebut dipengaruhi beberapa faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Namun faktor minat belajar pada penelitian yang dilakukan tidak mempenagaruhi hasil belajar.
Kata Kunci : Blended Learning, Google Classroom, Minat Belajar, Hasil Belajar
This research aims to determine students' learning interests and learning outcomes in application blended learning through Google Classroom class X students of SMAN 1 Sebatik. Pre-Experimental Method with One Sample Case Study research design. The research subjects were class XD students at SMAN 1 Sebatik with Purposive Sampling techniques. Data were obtained from learning interest questionnaires and learning outcomes tests. The research results on student learning interests are in the high category with an average of 70.98 which is influenced by internal and external factors. The achievement indicators of interest in learning are feelings of happiness 70.66%, interest 73.31%, student attention 72.98%, and student involvement 66.9%. Student learning outcomes on tests one sample t-test fomat 0.083 with df = 34 obtained ttable 1,691 so tcount less than ttable then Ho is accepted, that the average student learning outcome is no more than 72 but reaches the KKM score Keywords: Blended Learning, Google Classroom, learning interests and learning outcomes