
The Effect Of Using Wordwall.Net Media On Students’ Vocabulary Mastery Of Seventh Grade Students At SMPN 5 Tarakan
Pengarang : Mutmainnah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Kosakata memainkan peran penting dalam mempelajari suatu bahasa. Kosa kata merupakan salah satu elemen yang menghubungkan empat keterampilan berbicara, mendengarkan, membaca dan menulis secara bersamaan. Penggunaan Word Wall, media net merupakan kumpulan template dalam satu website yang disajikan dalam bentuk berbagai permainan untuk menemukan dan memudahkan mengingat kosa kata baru, menciptakan sesuatu yang menarik dan proses pembelajaran yang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media website Wordwal.net terhadap penguasaan kosakata siswa kelas VII di SMPN 5 Tarakan. Secara umum penggunaan media sebagai alat bantu pengajaran terutama ditujukan untuk memperbaiki proses pengajaran agar lebih memotivasi dan menarik bagi siswa. Dalam penelitian ini, penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Keberhasilan perlakuan ditentukan dengan membandingkan skor pre-test dan post-test pada kedua kelas. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen vocabulary tes. Hasil penelitian ini menemukan bahwa media Word Wall mampu meningkatkan penguasaan kosakata. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai siswa pada kelas Eksperimen dari 34,9 menjadi 59 setelah mendapat perlakuan menggunakan website wordwall.net. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol juga meningkat dari 37,7 menjadi 41,7 setelah mendapat perlakuan menggunakan media lain tanpa website wordwall.net. Kontribusi penelitian ini khususnya bagi siswa berdasarkan temuan yang diperoleh adalah teridentifikasi bahwa nilai siswa dapat meningkat dengan menggunakan media pembelajaran berbasis online, namun hal ini tidak berlaku untuk semua siswa karena tidak semua siswa memiliki smartphone.
Kata Kunci : Vocabulary Mastery, Wordwal.net Website, Quasi-Eksperimental
Vocabulary plays a crucial role in language learning. It serves as a connection point between the four language skills of speaking, listening, reading, and writing. The use of Word Wall, a web-based platform that provides a collection of templates in various games, aims to facilitate the discovery and retention of new vocabulary words, making the learning process both engaging and interactive. This research aims to determine the effectiveness of the Wordwal.net website in enhancing the vocabulary mastery of seventh-grade students at SMPN 5 Tarakan. Generally, the use of media as a teaching aid is intended to enhance the teaching process, making it more motivating and engaging for students. In this study, a quasi-experimental research design with a non-equivalent control group was employed. The success of the treatment was determined by comparing the pre-test and post-test scores of both groups. To collect data, vocabulary tests were administered to the participants. The findings of this study reveal that the Word Wall platform can significantly improve vocabulary mastery. This is evidenced by the average score of students in the experimental group increasing from 34.9 to 59 after exposure to the wordwall.net website. Meanwhile, the average score of the control group also increased from 37.7 to 41.7 after using another media without the wordwall.net website. The contribution of this research, particularly to students, is the identification that student grades can improve using online-based learning media; however, this may not apply to all students, as not all students have access to smartphones. Keywords: Vocabulary mastery, Wordwal.net Website, Quasi-Experimental